..(UPLOAD FILE FULL TEXT MULAI COVER DILENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PROGRAM BIMBINGAN PRANIKAH UNTUK MEMPERSIAPKAN KEMATANGAN EMOSIONAL CALON PASANGAN PENGANTIN DI KUA ARJOSARI KABUPATEN PACITAN

Chasanah, Kintan Uswatun (2021) ..(UPLOAD FILE FULL TEXT MULAI COVER DILENGKAPI WATERMARK, UPLOAD ULANG)..PROGRAM BIMBINGAN PRANIKAH UNTUK MEMPERSIAPKAN KEMATANGAN EMOSIONAL CALON PASANGAN PENGANTIN DI KUA ARJOSARI KABUPATEN PACITAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Skripsi baru-dikonversi(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kintan Uswatun Chasanah.2021.Program Bimbingan Pranikah Untuk Mempersiapkan Kematangan Emosional Para Pasangan Calon Pengantin Di KUA Arjosari.Skripsi.Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri(IAIN) Ponorogo.Pembimbing: Mayrina Eka Prasetyo Budi, M.Psi.

Kata Kunci : Program Bimbingan Pranikah, Mempersiapkan Kematangan Emosional dan Calon Pasangan Pengantin
Penelitian ini tentang bimbingan pranikah yang diselenggarakan Kementrian Agama di Kabupaten Pacitan. Bimbingan panikah ini bertujuan untuk memberi bekal pengetahuan, peningkatan pemahaman, mempersiapkan kematangan emosional dan ketrampilan dalam berumahtangga agar menjadi keluarga sakinah, mawadah dan warammah. Bimbingan pranikah ini diberikan sebelum akad nikah berlangsung.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui program bimbingan pranikah mulai dari perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi guna mempersiapkan kematangan emosional calon pasangan pengantin. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Teknis analisis data dilakukan melalui tahapan mengolah data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data atau validitas data penulis menggunakan teknik triangulasi, diantaranya penulis menggunakan triangulasi sumber data.
Hasil penelitian secara ringkas menunjukan bahwa perencanaan program bimbingan pranikah untuk mempersiapkan kematangan emosional di KUA Arjosari sudah ada dan dilakukan h-7 sebelum program bimbingan pranikah berlangsung., pelaksanaan program bimbingan pranikah untuk mempersiapkan kematangan emosional di KUA Arjosari dilakuka sesuai kurikulum, evaluasi program bimbingan pranikah untuk mempersiapkan kematangan emosional di KUA Arjosari juga sudah ada akan tetapi hambatan yang dialami dalam evaluasi ini adalah durasi waktu yang sangat sedikit. Evaluasi dilakukan dua kali yaituu dengan post test dan pre test. Pre test dilakukan sebelum masuk ruangan, pre test diberikan oleh pihak KUA Arjosari untuk mennunjukkan seberapa paham para peserta dengan bimbingan pranikah. Post test dilakukan setelah test selesai, post test ini dilakukan oleh narasumber yang memberikan materi untuk mengukur pengetahuan dan keaktiffan peserta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Mayrina Eka Prasetyo Budi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 03:05
Last Modified: 26 Nov 2021 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17051

Actions (login required)

View Item View Item