..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peran Shalawat Dalam Relaksasi Pada Jamaah Shalawat Nahdlatul at-Thulab PAC IPNU IPPNU Kecamatan Ponorogo

Kusuma, Fajriya Priyatna (2021) ..(SCAN SATU LEMBAR PENUH PADA LEMBAR PERSETUJUAN, PENGESAHAN, PERSETUJUAN PUBLIKASI DAN KEASLIAN TULISAN, UPLOAD ULANG)..Peran Shalawat Dalam Relaksasi Pada Jamaah Shalawat Nahdlatul at-Thulab PAC IPNU IPPNU Kecamatan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_FAJRI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Priyatna Kusuma, Fajriya. 2021. Peran Shalawat Dalam Relaksasi Pada Jama’ah Shalawat Nahdlatul Thulab Pac Ipnu Ipnnu Kecamatan Ponorogo. Skripsi: Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan DakwahInstitut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo.
Pembimbing

Kata Kunci : Shalawat, Relaksasi, Jamaah Nahdlatul Thulab
Mencintai Allah dan Rasulullah bagi seorang mukmin adalah suatu kenikmatan dan kebahagiaan yang tiada tara, tidak ada yang mampu menandinginya,dengan rasa cinta tersebut seseorang akan mampu merasakan manisnya iman. Seorang pecinta akan menaati, tunduk dan patuh pada kekasihnya. Begitu juga kecintaan kepada Allah dan Rasulnya merupakan salah satu faktor utama untuk mendidik jiwa kaum muslimin agar patuh kepadanya. Shalawat merupakan pujian atau kemuliaan kepada Nabi Muhammad Saw.
Penelitian ini memiliki tujuan yakni untuk menjawab rumusan masalah yaitu untuk mendeskripsikan shalawat dapat memberikan efek relaksasi kepada jama’ah sholawat Nahdlatul Thulab. Untuk menganalisis kondisi psikis setelah jama’ah shalawat Nahdlotul Thulab. Penelitian ini dilakukan dalam program kerja IPNU IPPNU PAC PONOROGO yang bernama shalawat Nahdlatul Thulab. Dengan teori psikoanalisis Sigmun Froid. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan peran shalawat dalam relaksasi pada jamaah shalawat Nahdlatul Thulab. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dengan adanya rutinan shalawat Nahdlatul Thulab menimbulkan efek relaksasi pada jamaah yang berupa perasaan menjadi nyaman, tentram, damai dan mengobati rasa rindu yang mendalam. Selain itu juga dapat menyembuhkan rasa tidak enak badan melalui gerakan. Serta terdapat banyak perubahan hal yang positif yang dirasakan jamaah, ketentraman hidup, dan juga kedamaian hati. Ada juga jamaah yang menjadi terbiasa bershalawat dimanapun tempatnya berada, meningkatkan rasa cinta kepada kyai, habaib, dan lebih-lebih terhadap Nabi Muhammad SAW.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Irma Rumtianing Uswatun Hanifah
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:30
Last Modified: 26 Nov 2021 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17046

Actions (login required)

View Item View Item