Coping Stress Pedagang Sunday Market Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Madiun

Mariana, Ida (2021) Coping Stress Pedagang Sunday Market Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Coping Stress Pedagang Sunday Market Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kota Madiun.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mariana, Ida. 2021. Coping Stres Pada Pedagang Sunday Market di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif di Kota Madiun). Skipsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Lia Amalia, S.Ag., M.Si.
Kata Kunci: Coping Stres, Pedagang, Pandemi Covid-19
Pandemi Covid-19 merupakan suatu wabah penyakit yang disebabkan oleh virus Corona SARS COV-02, yakni sebuah virus yang menyebabkan sindrom gangguan pernapasan akut. Karena hal tersebut virus ini dinyatakan sebagai wabah penyakit global (pandemi) oleh WHO. Situasi pandemi ini mengharuskan pemerintah mengambil langkah penanganan, dimana masyarakat harus mengurangi aktivitas diluar rumah dan bekerja dari rumah (work from home) untuk meminimalisir penularan virus Covid-19. Hal ini membawa dampak diberbagai sektor kehidupan salah satunya di sektor ekonomi. Adanya pembatasan operasional tentunya mempengaruhi perekonomian pedagang kecil, salah satunya pedagang Sunday Market Kota Madiun. Dampak yang ditimbulkan pandemi Covid-19 bagi pedagang kecil yaitu mengalami kerugian akibat sepinya pembeli. Disamping itu ketidakpastian, kebingungan dan keadaan darurat yang disebabkan pandemi Covid-19 dapat menjadi stressor bagi pedagang. Banyaknya ketegangan dan tekanan yang dialami oleh pedagang dapat memicu timbulnya stres pedagang. Untuk mengantipasi timbulnya stres yang berkepanjangan akibat pandemi Covid-19, maka pedagang Sunday Market memerlukan adanya strategi pengelolaan stres yang disebut coping.
Untuk menjawab rumusan masalah yang ada, penelitian ini merupakan jenis penelitian studi kasus, peneliti menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Untuk teknik analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data, penyimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa semua responden dalam penelitian ini mengalami gejala stress berupa gangguan psikologis yaitu kecemasan dan tertekan serta gangguan perilaku berupa kegelisahan dan tegang. Sedangkan bentuk strategi coping stres yang digunakan pedagang yaitu Problem Focused Coping berupa planful problem solving dengan menggunakan strategi promosi online shop, menambah dagangan, dan berjualan di tempat lain. Disamping itu strategi Emotion Focused Coping yang digunakan pedagang Sunday Market yaitu Positive Reappraisal dengan berserah diri kepada Tuhan YME dan berharap semoga pandemi Covid-19 segera berakhir.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Lia Amalia
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:27
Last Modified: 26 Nov 2021 02:27
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17044

Actions (login required)

View Item View Item