POTRET PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo)

Mashudi, Cholid (2020) POTRET PEMBACAAN SURAT-SURAT PILIHAN (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
APLOOUD CHOLID_lengkap.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Cholid Mashudi. 2021. Potret Pembacaan Surat-surat Pilihan (Studi Living Qur’an di Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo). Skripsi. Jurusan Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Dr. Muh. Tasrif, M.Ag.
Kata Kunci: Living Qur’an, Surat-Surat Pilihan, Motivasi.

Penelitian living Qur’an dalam skripsi ini, membahas tentang potret pembacaan al-Qur’an yang menunjukkan pada resepsi sosial masyarakat terhadap al- Qur’an. Dalam hal ini, adalah Pondok Pesantren Al-Iman Putra Ponorogo. Bagi seluruh santri PP. Al-Iman Putra, diwajibkan mengikuti kegiatan pembacaan surat-surat pilihan yang dilaksanakan setiap hari setelah sholat Subuh, Ashar dan Maghrib. Adapun surat-surat pilihan yang dibaca adalah surat ar-rahman, surat al-Mulk dan surat al-waqiah. Pembahasannya lebih difokuskan pada bagaimana tradisi pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan di PP. Al-Iman Putra dan apa makna tradisi pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan tersebut bagi para pelaku tindakan dan apa motivasi santri melaksanakan kegiatan tersebut. Dalam hal ini, sebagai pelaku tindakan tersebut adalah para santri secara umum, para dewan pengurus santri dan para pengasuh PP. Al-Iman Putra.
Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif (field research) dengan pendekatan etnografi. Adapun teknik pengumpulan data yang penulis lakukan yaitu melalui observasi partisipan dan non-partisipan, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yang digunakan dalam skripsi ini, penulis menggunakan analisis deskripsi-eksplanasi, selain untuk memudahkan penulis dalam memaparkan isi pembahasan, juga agar mengetahui alasan dari pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan. Sehingga makna, motivasi dari tradisi pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan tersebut bisa terungkap.
Adapun hasil penelitian dalam skripsi ini yaitu bahwa pertama, tradisi pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan ini dilaksanakan rutin setiap hari. Kegiatan pembacaan tersebut diawali dengan bacaan surat al- Fātihah. Kedua, pelaksanaan pembacaan surat ar-Rahman dibaca setelah sholat subuh, surat al-Waqiah dibaca setelah sholat maghrib, dan surat al-Mulk dibaca setelah sholat ashar. Tradisi pembacaan al-Qur’an surat-surat pilihan di PP. Al-Iman Putra ini, jika dilihat dengan menggunakan makna suatu tindakan dalam teori sosiologi pengetahuan Karl Mannheim, maka ada tiga kategori makna yang diperoleh. Makna objektif sebagai suatu kewajiban yang telah ditetapkan serta pelestarian tradisi pesantren, makna ekspresif yang menunjukkan pada makna psikologi atau ketenangan jiwa, keberkahan serta hafal akan surat yang dibaca dan juga , serta makna dokumenter sebagai suatu kebudayaan yang menyeluruh. Disiplin, niat, dorongan dari dewan asatizd , menjadi anak yang sholeh adalah motivasi santri untuk mengikuti kegiatan pembacaan surat-surat pilihan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muh. Tasrif
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Ilmu Al Qur’an dan Tafsir
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:14
Last Modified: 26 Nov 2021 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17026

Actions (login required)

View Item View Item