Komparasi Hasil Belajar Siswa yang menggunakan Kurikulum 2013 Sistem Kredit Semester siswa Berasrama dan Non Asrama pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI Agama MAN 1 Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021

Fitria, Maulidya Risky (2021) Komparasi Hasil Belajar Siswa yang menggunakan Kurikulum 2013 Sistem Kredit Semester siswa Berasrama dan Non Asrama pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI Agama MAN 1 Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210317131_Maulidya Risky Fitria_PAI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Fitria, Maulidya Risky. 2021. Komparasi Hasil Belajar Siswa Yang Menggunakan Kurikulum 2013 Sistem Kredit Semester Berasrama dan Non Asrama Pada Mata Pelajaran Fiqih di Kelas XI Agama MAN 1 Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021.Skripsi.Jurusan Pendidikan Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing,Zeni Murtafiati Mizani, M.Pd.I.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Asrama dan Non Asrama.
Hasil belajar merupakan tujuan akhir setelah proses kegiatan belajar. Keberhasilan siswa dalam proses belajar mengajar dapat dilihat dari nilai yang diperolehnya selama kurun waktu tertentu. Faktor yang mempengaruhi hasil belajar siswa yaitu lingkungan tempat tinggal siswa dan juga instrumental yang digunakan.Lingkungan (environment) sebagai dasar pengajaran adalah faktor kondisional yang mempengaruhi tingkah laku individu dan merupakan faktor belajar yang penting. Peserta didik yang tinggal diasrama cenderung memiliki kedisiplinan yang tinggi dibandingkan peserta didik yang tinggal dirumah(non asrama).
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan sistem kredit semesterberasrama, (2) mengetahui hasil belajar siswa yang menggunakan sistem kredit semester non asrama, (3) mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan sistem kredit semester berasrama dan non asrama.
Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kuantitatif komparasional.Populasi dan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI Agama MAN 1 Ngawi.Pengambilan sampel menggunakan teknik nonprobability sampling dengan jenis sampling jenuh yaitu pengambilan sampel dengan semua anggota populasi digunakan menjadi sampel.Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan tes dan dokumentasi.Untuk menjawab permasalahan yang ada diatas menggunakan analisis statistik independent sample t-test.
Hasil penelitiani ini adalah: (1) Hasil belajar siswa yang menggunakan Kurikulum 2013 sistem kredit semester siswa berasrama dari kategori tinggi dengan nilai >82 sejumlah 3 siswa, kategori sedang dengan nilai 68-82 sejumlah 13 siswa dan kategori rendah dengan nilai <68 sejumlah 1 siswa.; (2) Hasil belajar siswa yang menggunakan Kurikulum 2013 sistem kredit semester non asrama dari kategori tinggi dengan nilai >65 sejumlah 1 siswa, kategori sedang dengan nilai 44-65 sejumlah 15 siswa dan kategori rendah dengan nilai <44 sejumlah 2 siswa.; (3) Hasil uji hipotesis Independent sample t-test menunjukkan bahwa nilai thitung adalah 6,989 sedangkan nilai ttabel adalah 2,032, sehingga (thitung) > (ttabel). Sedangkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. Jadi, terdapat perbedaan yang signifikan pada siswa yang menggunakan kurikulum 2013 Sistem Kredit Semester Berasrama dan Non Asrama pada Mata Pelajaran Fiqih Di Kelas XI Agama MAN Ngawi Tahun Ajaran 2020/2021.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Zeni Murtafiati Mizani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 26 Nov 2021 02:05
Last Modified: 26 Nov 2021 02:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17025

Actions (login required)

View Item View Item