Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kelapa di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir

Afifah, Imro'atul (2021) Tinjauan Etika Bisnis Islam Terhadap Praktik Jual Beli Kelapa di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
IMRO'ATUL AFIFAH-210217083-HUKUM EKONOMI SYARIAH-1.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Jual beli adalah suatu perjanjian tukar-menukar benda (barang) yang mempunyai nilai, atas dasar kerelaan (kesepakatan) antara dua belah pihak sesuai dengan perjanjian atau ketentuan yang dibenarkan oleh syara. Berdasarkan kasus dilapangan penulis temukan yang ada di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir cara toke (pembeli) melakukan pengurangan harga kelapa yaitu Setiap penjualan kelapa jumlah utang dikurangi sesuai dengan harga kelapa yang dijual kepada toke (pembeli)kelapa. maka masyarakat terikat kepada toke (pembeli) tersebut, dan tidak berani menjual kelapa kepada toke (pembeli) lainnya. Aktivitas jual beli terdapat banyak kesalahan terhadap mengenai boleh atau tidaknya pelaksanaan jual beli ini, karena dalam jual beli tersebut terdapat ketidakpastian dalam melakukan pengurangan timbangan kelapa, di mana besaran pengurangan timbangan kelapa tidak disampaikan pada saat penimbangan berlangsung tetapi disampaikan dalam bentuk nota.
Dari latar belakang tersebut, dapat ditarik rumusan masalah yakni, 1) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik pengurangan harga dalam jual beli kelapa di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir. 2) Bagaimana tinjauan etika bisnis Islam terhadap praktik pengurangan timbangan kelapa di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir.
Jenis penelitian yang penulis lakukan adalah penelitian lapangan. Yang menggunakan metode penelitian kualitatif dengan tehnik pengumpulan data wawancara. Dan analisa data menggunakan metode berfikir induktif.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Mengenai Tinjauan Etika Bisnis Islam terhadap Praktik pengurangan harga dalam jual beli kelapa di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir, menurut pandangan etika bisnis Islam tersebut masih belum sesuai dengan etika bisnis Islam. karena masih ada prinsip-prinsip dari etika bisnis Islam yang telah dilanggar.Mengenai Tinjauan Etika Bisnis Islam Praktik pengurangan timbangan kelapa di Desa Sungai Ambat Kecamatan Enok Kabupaten Indragiri Hilir, belum sesuai dengan prinsip etika bisnis Islam. Adapun yang tidak sesuai dengan etika bisnis Islam yaitu pihak penjual tidak bisa berganti toke (pembeli) karena penjual mempunyai hutang dan pihak toke (pembeli) mengurangi timbangannya tidak ada kesepakatan antara dua belah pihak.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 08:31
Last Modified: 25 Nov 2021 08:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17023

Actions (login required)

View Item View Item