(silakan upload ulang..file kosong)..PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SLB PERTIWI PONOROGO

Permatasari, Intan (2021) (silakan upload ulang..file kosong)..PENERAPAN PENGGUNAAN MEDIA KARTU GAMBAR TERHADAP MEMBACA PERMULAAN ANAK TUNARUNGU KELAS 1 SLB PERTIWI PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK
Permatasari, Intan. 2021. Implementasi Penggunaan Kartu Gambar Terhadap Membaca Permulaan Anak Tunarungu Kelas 1 SLB Pertiwi Ponorogo. Skripsi. Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Tirta Dimas Wahyu Negara, M.Pd.
Kata Kunci: Media Kartu Gambar, Membaca Permulaan, Tunarungu
Tunarungu adalah ganguan pendengaran yang terjadi pada seseorang, gangguan pendengaran yang terjadi akibat hilangnya daya dengar seseorang mulai dari sejak lahir atau disebabkan karena kecelakaan. Hilangnya pendengaran ini menyebabkan keterlambatan seseorang dalam berbicara sehingga terjadinya keterlambatan pada seorang anak tunarungu dalam proses pembelajaran membaca. Kemampuan membaca pada anak tunarungu berbeda dengan anak-anak pada umumnya, dikarenakan kurangnya daya dengar menyebabkan anak tunarungu lebih kesulitan dalam belajar mengenal huruf-huruf abjad dan suku kata. Maka dari itu diperlukan adanya media pembelajaran yang tepat untuk mendampingi siswa dalam membantu membaca permulaan yakni sebuah kartu gambar.
Tujuan dari masalah yang tersebut yaitu agar peneliti mampu mengetahui kemampuan membaca anak tunarungu kelas 1 SLB Pertiwi Ponorogo, bagaimana penerapan penggunaan media kartu gambar terhadap membaca permulaan, dan bagaiman perkembangan membaca permulaan anak tunarungu setelah menggunakan media kartu gambar. Dri tujuan ini dapat diambil rumusan masalah yaitu bagaimana kemampuan membaca permulaan anak tunarungu kelas 1 SLB-B Pertiwi Ponorogo?, Bagaimana penerapan penggunaan kartu gambar terhadap membaca permulaan anak tunarungu SLB-B Pertiwi Ponorogo?, dan Bagaimana Perkembangan membaca anak tunarungu kelas 1 SLB-B Pertiwi Ponorogo?.
Penelitian ini menggunakan jenis peneitian yang bersifat deskriptif dengan pendekatan kualitatif, akni dengan menjabarkan bagaimana penerapan media kartu gambar terhadap membaca permulaan siswa kelas 1 SLB Pertiwi Ponorogo. Peneliti mendapat data dari hasil wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan membaca anak tunarungu kelas 1 masih memiliki kesulitan dalam pengucapan huruf-huruf abjad, dikarenakan masih kelas rendah dan terhambatnya daya dengar sehingga menghambat proses membaca permulaannya. Dari observasi tersebut sangat diperlukan media pembelajaran yang tepat yang mampu menjadi pendamping dalam membaca permulaan yaitu berupa kartu gambar. Dengan penerapan kartu gambar sangat membantu anak tunarungu dalam membaca permulaan, dikarenakan mudah dan efisien saat digunakan. Kemampuan membaca permulaan perlahan-lahan mulai baik, baik dari segi penegenalan huruf maupun penggabungan kosa kata meskipun masih dalam tahap pendampingan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tirta Dimas Wahyu Negara
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:28
Last Modified: 25 Nov 2021 06:28
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17009

Actions (login required)

View Item View Item