Implementasi Kegiatan Senam Irama Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 167 Abu Bakar Bancangan Sambit Ponorogo

Kristiana, Maya (2021) Implementasi Kegiatan Senam Irama Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 167 Abu Bakar Bancangan Sambit Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211117024_Maya Kristiana_PIAUD.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Kristiana Maya. 2021. “Implementasi Senam Irama Dalam Menstimulasi Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini Di TK Muslimat NU 167 Abu Bakar Bancangan Sambit Ponorogo”. Skripsi. Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Yuli Salis Hijriyani, M.Pd.
Kata Kunci: Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini, Senam Irama
Kemampuan motorik kasar anak usia dini sangatlah penting ditingkatkan sejak dini, karena anak usia dini berada dalam fase keemasan (golden age) dan pada masa inilah anak secara khusus mudah menerima stimulasi dan rangsangan dari lingkungannya. Kegiatan senam irama memiliki hubungan yang sangat erat kaitannya dengan perkekmbangan motorik kasar anak usia dini. Maka dari itu kegiatan senam irama menjadika awal yang baik untuk menstimulasi motorik kasar anak usia dini.
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui perencanaan dan pelaksanaan kegiatan senam irama dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Muslimat NU 167 Abu Bakar Bancangan Sambit Ponorogo.; dan 2) Untuk mengetahui hasil pelaksanaan kegiatan senam irama dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Muslimat NU 167 Abu Bakar Bancangan Sambit Ponorogo. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Hubberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1. Perencanaan dan pelaksanaan kegiatan senam irama dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Muslimat NU 167 Abu Bakar diawal dengan menentukan jadwal kegiatan senam irama kemudian memilih strategi kegiatan senam irama, dan memilih macam-macam kegiatan senam irama. Pelaksanaan senam irama dilakukan seminggu tiga kali dengan gerakan dan iringan musik yang berbeda, dan penentuan pola barisan yang berbeda sehingga meminimalisir kebosanan anak. Dengan melakukan gerakan senam maka tangan, kaki dan badan anak lama kelamaan akan terkoordinasi dengan baik dan maksimal; 2. Hasil dari pelaksanaan kegiatan senam irama dalam menstimulasi perkembangan motorik kasar anak usia dini di kelompok B TK Muslimat NU 167 Abu Bakar sebagai berikut, 1) Dapat meningkatkan gerakan reflek pada anak usia dini seperti berjalan, berlari gerkan jalan di tempat, dan gerakan megayunkan tangan. 2) Meningkatkan gerakan dasar fundamental seperti sikap badan yaitu berdiri, duduk, jongkok, terlentang. Gerakan melompat, gerakan memutar, dan gerakan liukan. 3) Meningkatkan kemampuan perseptual/ kemampuan mengamati yang dimaksud yaitu ketika anak melihat dan menirukan gerakan senam yang dipraktekan oleh guru ketika di depan. 4) dan meningkatkan kemampuan fisik yaitu anak mampu mengkoordinasikan gerakan mata, tangan, kaki, dan kepala dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yuli Salis Hijriyani
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:39
Last Modified: 25 Nov 2021 06:39
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/17001

Actions (login required)

View Item View Item