Eksternalitas Peternakan Ayam Potong di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo

Nisa, Umawa Desy Hidayatun (2021) Eksternalitas Peternakan Ayam Potong di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210717247_ UMAWA DESY HIDAYATUN NISA_ FEBI-converted.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Nisa, Umawa Desy Hidayatun. Eksternalitas Peternakan Ayam Potong di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing : Ruliq Suryaningsih, M. Pd.
Kata Kunci : Eksternalitas, Peternakan ayam potong.
Dalam menjalankan suatu kegiatan usaha di sektor peternakan ayam berskala kecil maupun besar pastinya memiliki eksternalitas bagi orang lain dan lingkungan sekitar. Eksternalitas adalah dampak tindakan seseorang atau suatu pihak terhadap kesejahteraan atau kondisi orang/pihak lain. Jika dampaknya merugikan, maka hal itu disebut eksternalitas negatif. Sebaliknya jika dampaknya menguntungkan disebut eksternalitas positif. Dari adanya eksternalitas itu peneliti ingin meneliti apa saja eksternalitas dari adanya peternakan di Desa Singgahan Kecamatan Pulung Kabupaten Ponorogo. Dan muncul tiga rumusan masalah, rumusan masalah yang pertama yaitu: Bagaimana eksternalitas positif dari adanya peternakan ayam potong di Desa Singgahana?, Bagaimana eksternalitas negatif dari adanya peternakan ayam potong di Desa Singgahan?, Bagaimana penyelesaian masalah eksternalitas negatif peternakan ayam potong di Desa Singgahan?
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Dengan tehnik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah data diperoleh, kemudian data dianalisis dengan menggunakan metode deduktif.
Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa eksternalitas positif yang ditimbulkan oleh peternakan ayam potong adalah: pertama mendorong timbulnya inovasi masyarakat berupa manfaat limbah kotoran dijadikan pupuk, memanfaatkan peternakan untuk menjual hasil panen jagung, meningkatkan pendapatan jasa penggilingan jagung, meningkatkan penjualan lem lalat, meningkatkan penjualan pedagang makanan;kedua,menciptakan lapangan kerja bagi masyarakat, ketiga mengembangkan sumber daya masusia. Sedangkan eksternalitas negatif yang timbul oleh peternakan ayam potong adalah: pertama polusi yang merusak keyamanan masyarakat berupa pencemaran udara, adanya lalat dan kesehatan masyarakat menurun, yang kedua mengganggu kelancaran karena ada kemacetan, yang ketiga meningkatkan biaya hidup masyarakat dan yang keempat sampah (limbah sungai). Penyelesaian eksternalitas negatif peternakan ayam potong yang pertama adanya peraturan, yang kedua pajak pigovion yang ketiga pendekatan sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 06:31
Last Modified: 25 Nov 2021 06:31
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16999

Actions (login required)

View Item View Item