Dampak Game Online Bagi Kepribadian Sosial Santri Madrasah Diniyah Al-Huda Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo

Romah, Miftahul Mukar (2021) Dampak Game Online Bagi Kepribadian Sosial Santri Madrasah Diniyah Al-Huda Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Dampak Game Online Bagi Kepribadian Sosial Santri Madrasah Diniyah Al-Huda Desa Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Mukar, Romah Miftahul. 2021 Dampak Game Online Bagi Kepribadian Sosial Santri Madrasah Diniyah Al-Huda Bulak Kecamatan Balong Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: Kayyis Fithri Ajhuri, M.A
Kata Kunci: Game Online, Kepribadian Sosial
Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya ketertarikan peneliti terhadap santri Madrasah Diniyah Al-Huda Bulak yang kesehariannya selalu berkumpul di Madin dan bermain game online. Setelah mereka mengenal game online ini orang tua serta masyarakat sekitar menyadari adanya perubahan kepribadian sosial santri Madin dalam hal sikap dan perilaku sehari-harinya. Hal inilah yang mendasari peneliti melakukan penelitian ini.
Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui motivasi anak bermain game online, dampak yang terjadi pada kepribadian sosial anak akibat bermain game online, serta upaya penanganan dampak game online yang dilakukan orang tua terhadap anaknya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif dengan tiga tahapan yaitu, mereduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa motivasi anak bermain game online yaitu game online merupakan permainan yang sangat menarik serta dapat menghiburnya. Kurangnya pengawasan orang tua, juga motivasi dari teman sebayanya. Dampak dari bermain game online yang terjadi pada subyek penelitian yakni perubahan sikap pembangkangan terhadap orang tua, suka menggoda atau mengejek, menjadi pribadi yang egois dan perubahan tutur kata yang tidak baik. Upaya yang dilakukan orang tua dalam menyikapi hal tersebut yakni dengan cara lebih meningkatkan pengawasan terhadap kegiatan anak, memberi batasan waktu anak untuk bermain game online, menambah waktu belajar serta mendatangkan tentor untuk membimbingnya belajar dan mengambil handphone anak untuk beberapa waktu.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:12
Last Modified: 25 Nov 2021 05:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16992

Actions (login required)

View Item View Item