..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, PERBAIKI WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Studi Komparatif Penentuan Arah Kiblat Dengan Menggunakan Istiwaaini dan Kompas RHI di Masjid Al-Falah Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun

Pratama, Aditya (2021) ..(LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI BLM ADA, PERBAIKI WATERMARK, UPLOAD ULANG)..Studi Komparatif Penentuan Arah Kiblat Dengan Menggunakan Istiwaaini dan Kompas RHI di Masjid Al-Falah Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ADITYA PRATAMA - 210116064 - HKI - NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Pratama, Aditya, 2021. Studi Komparatif Penentuan Arah Kiblat Dengan Menggunakan Istiwaaini dan Kompas RHI di Masjid Al-Falah Kelurahan Manisrejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Shofwatul Aini, M.S.I.

Kata Kunci/keyword: Arah Kiblat, Istiwaaini, Kompas RHI

Arah kiblat merupakan satu kewajiban yang telah ditetapkan dalam hukum atau syariat Islam. Maka untuk menentukan arah kiblat dibutuhkan alat untuk menentukan arah kiblat. Istiwaaini merupakan instrumen karya Slamet Hambali pada tahun 2014 yang berfungsi untuk mengukur arah kiblat dan arah utara sejati. Kompas RHI merupakan kreasi dari Lembaga Pengembangan Ilmu Falak karya Mutoha Arkanuddin. Dalam kompas ini dilengkapi dengan busur 360 derajat yang memudahkan penggunanya untuk menentukan arah kiblat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana caranya mengukur arah kiblat dengan menggunakan istiwaaini dan kompas RHI serta apakah kedua alat tersebut sudah akurat dalam menentukan arah kiblat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana pengukuran arah kiblat di masjid al-falah menggunakan istiwaaini dan kompas RHI? (2) Bagaimana tingkat keakurasian antara istiwaaini dan kompas RHI?
Adapun metode penelitian yang dilakukan penulis merupakan metode penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Untuk jenis penelitian yaitu penelitian lapangan (field research). Dengan cara mencari data dengan melihat obyek yang akan diteliti. Dimana peneliti sebagai subyek (pelaku) penelitian. Alasan peneliti menggunakan jenis penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data sesuai dengan data lokasi, serta untuk menghindari data yang tidak valid. Data yang diperoleh menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pengukuran arah kiblat yang dilakukan di masjid Al-Falah dengan menggunakan istiwaaini dan kompas RHI sama diangka 2940. Untuk tingkat akurasi menggunakan istiwaaini dan kompas RHI ini akurat sehingga layak digunakan untuk menentukan arah kiblat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SHOFWATUL AINI
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 05:11
Last Modified: 25 Nov 2021 05:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16991

Actions (login required)

View Item View Item