..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUA PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..pembentukan perilaku anak melalui kegiatan keagamaan di madrasah diniyah al-ittihad badegan

sya'bani, muhammad (2021) ..(GUNAKAN TANDA TANGAN ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERNYATAAN PERSETUJUA PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)..pembentukan perilaku anak melalui kegiatan keagamaan di madrasah diniyah al-ittihad badegan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi 211516032 muhammad sya'bani-dikonversi.pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pendidikan keagamaan sebagai salah satu modal untuk berperilaku baik, untuk memajukan individu dan mencetak anak menjadi manusia yang memiliki perilaku keagamaan yang baik, beriman, bertaqwa dan berakhlak mulia. Dalam hal ini, Madin Al-ittihad sebagai pendidikan keagamaan yang berciri khas Islam memiliki peran yang sangat penting dalam mewujudkan hal tersebut serta meningkatkan perilaku keagamaan anak. Karena ternyata pada dasarnya lingkungan sekolah juga mempengaruhi perilaku anak. Karenanya, madrasah menciptakan pola pembelajaran dan pembiasaan juga keteladanan yang berlandaskan agama Islam yang dijadikan pedoman bertingkah laku semua warga madrasah yang tertuang dalam kegiatan keagamaan madrasah.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Bagaimana bentuk kegiatan keagamaan yang ada di Madrasah Diniyah Al-Ittihad Badegan? (2) Bagaimana proses pembentukan perilaku anak melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Diniyah Al-Ittihad Badegan? (3)Apa saja faktor pendukung dan penghambat dalam proses pembentukan perilaku anak melalui kegiatan keagamaan di Madrasah Diniyah Al-Ittihad Badegan?
Untuk menjawab pertanyaan di atas, penulis melakukan penelitian di madin Al-ittihad Badegan Ponorogo menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dan mengguanakan metode pengumpulan data wawancara, observasi, dan dokumentasi.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) kegiatan keagamaan di madin al-ittihad antara lain adalah kegiatan berdo’a bersama, kegiatan sorogan al-qur’an, praktik wudlu dan Shalat Jama’ah, pembelajaran keagamaan, muhadloroh, PHBI, latihan hadroh. (2) proses pembentukan yang dilaksanakan yaitu dengan menggunakan cara memberi pengertian, memberi contoh dan juga memberi kebiasaan. Sehingga anak mampu melaksanakan dan terbiasa berperilaku baik. (3) faktor pendukungnya yaitu dari pihak ustadz maupun anak masih banyak yang bersemangat mengikuti kegiatan dan juga dari orang tuan anak terus mendukung kegiatan dengan cara memberi tahu anak untuk terus mengikuti kegiatan keagamaan di madrasah diniyah, dan juga dari pihak yayasan selalu memeri semangat terhadap ustadz yang mengajar untuk terus melaksanakan kegiatan dengan semangat. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu ada beberapa anak yang masik kurang semangat dalam mengikuti kegiatan keagamaan di madin, juga dari warga sekitar masih kurang dalam memberi contoh berperilaku baik yang akhirnya perilaku tersebut ditiru oleh anak dank arena adanya pandemi covid-19 madin jadi sering libur.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: kayyis fithri ajhuri
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:42
Last Modified: 25 Nov 2021 04:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16987

Actions (login required)

View Item View Item