Tinjauan Hukum Islam terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Mantan Narapidana di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo

Qoliftasari, Qoliftasari (2021) Tinjauan Hukum Islam terhadap Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Mantan Narapidana di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
QOLIFTASARI 210116091 (HKI).pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Qoliftasari. 2021. Upaya Pembentukan Keluarga Sakinah Di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing M.Ilham Tanzilulloh, M.H.I.,

Kata Kunci: Hukum Islam, Hak dan Kewajiban, Keluarga Sakinah

Penelitian ini dilatar belakangi oleh seorang suami mantan narapidana yang mayoritas bersetatus kepala keluarga, mereka memiliki kewajiban yang harus dijalankan untuk memenuhi hak-hak istri seperti dalam hal nafkah untuk membentuk keluarga yang sakinah. Di Desa Selur Kecamatan Ngrayun Kabupaten Ponorogo dalam hal mencari nafkah lebih cenderung pada istri, sehingga demi terbentuknya keluarga sakinah maka sepasang suami istri saling membantu dalam hal mencari nafkah.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui bagaimana pemenuhan hak istri mantan narapidana dalam perspektif keluarga sakinah menurut Islam dan bagaimana upaya yang dilakukan mantan narapidana dalam perspektif keluarga sakinah menurut Islam.
Penelitian skripsi ini menggunakan jenis penelitian field research (penelitian lapangan) yang menggambarkan fenomena secara apa adanya dengan cara mencari data secara langsung dengan melihat objek yang akan diteliti. Metode penelitian dalam penelitian skripsi ini menggunakan pendekatan kualitiatif yaitu pendekatan yang lebih menekankan pada analisis proses kemudian menyimpulkan secara induktif yang diperoleh dari penelitian data di lapangan.
Bedasarkan hasil penelitian yang peneliti lakukan menunjukkan: pertama dalam memenuhi hak-hak istri sepasang suami istri saling bantu-membantu untuk mewujudkan keluarga sakinah, meskipun pada dasarnya yang berkewajiban mencari nafkah adalah seorang suami. Kedua upaya yang dilakukan oleh mantan narapidana dalam membentuk keluarga sakinah ialah dengan cara saling cinta-mencintai, hormat- menghormati, setia dan memberikan bantuan lahir batin satu sama yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:19
Last Modified: 25 Nov 2021 04:19
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16984

Actions (login required)

View Item View Item