Tinjauan Maslahah Terhadap Proses Perjodohan Santri di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Desa Sedah Jenangan Ponorogo

Latifah, Anis Nur (2021) Tinjauan Maslahah Terhadap Proses Perjodohan Santri di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Desa Sedah Jenangan Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
ANIS NUR LATIFAH_210117090_HUKUM KELUARGA ISLAM.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Latifah, Anis Nur. 210117090. 2021. Tinjauan Mas{lah{ah Terhadap Proses Perjodohan Santri di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo Desa Sedah Jenangan Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing:Dr. Ahmad Junaidi, M.H.I.

Kata kunci: Mas{lahah, Kafa>’ah, Perjodohan.
Pemilihan jodoh merupakan fase dimana menjadi momen yang sangat sulit bagi sebagian orang. Pemilihan jodoh terkadang dilalui tidak selalu berjalan dengan baik dan lancar. Dalam pencarian tersebut memiliki banyak jalan salah satunya melalui perjodohan. Perjodohan biasanya dilakukan oleh orang tua, namun dalam penelitian ini dilakukan oleh kiai terhadap santri. Perjodohan di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo ini bersifat demokratis. Santri diberi hak untuk menerima atau menolak perjodohan tersebut. Terkait konsep Kafa<’ah dan kemaslhatan yang ada dalam perjodohan tersebut, apakah dalam prosesnya termasuk dalam standar syari’ah atau tidak.
Berangkat dari permasalahan, rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana tinjauan mas{lah{ah terhadap konsep kafa<’ah dalam proses perjodohan santri di Pondok Pesantren Pendowo Walisongo? (2) bagaiman tnjauan mas{lah{ah terhadap alasan kiai Pondok Pesantren Pendowo Walisongo dalam menjodohkan santrinya?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan field research yang menggunakan metode penelitian kualitatif, sedangkan tekhnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya data dianalisis dengan metode deskriptif. Data tersebut dianalisis dengan teori-teori mas{lah{ah dan kaf<a’ah terkait proses perjodohan santri.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan kiai dalam menjodohkan mengacu pada Konsep kaf<a’ah yakni yang pertama melihat agamanya dulu dari bagaimana ibadahnya santri, kedua nasab dari santri ketiga keadaan ekonomi santri dan yang terakhir ketampanan atau kecantikan tidak terlalu di perhatikan justru yang dilihat kiai pada akhlaknya. Sedangkan dilihat dari santri yang sudah saling suka ditakutkan nantinya terjadi suatu hal yang tidak diinginkan yang mengakibatkan perzinaan masuk dalam maslahah dharuriyah, keinginan wali santri untuk dicarikan jodoh anaknya masuk dalam maslahah hajiyyah sedangkan kiai menjodohkan karena inisiatif beliau sendiri temasuk dalam maslahah tahsiniyah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Junaidi
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 04:08
Last Modified: 25 Nov 2021 04:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16982

Actions (login required)

View Item View Item