ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP IMPLEMENTASI DAN TANGGUNG JAWAB NAZIR DI MUSHOLA TANWIRUL HUDA DESA JOGOROGO KECAMATAN JOGOROGO KABUPATEN NGAWI

Kurniawan, Rega Nurfasis (2021) ANALISIS UNDANG-UNDANG NOMOR 41 TAHUN 2004 TENTANG WAKAF TERHADAP IMPLEMENTASI DAN TANGGUNG JAWAB NAZIR DI MUSHOLA TANWIRUL HUDA DESA JOGOROGO KECAMATAN JOGOROGO KABUPATEN NGAWI. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
Rega NurFasis Kurniawan-210117151-HKI.pdf - Other

Download (937kB) | Preview

Abstract

Kurniawan, Rega NurFasis, 2021 . Analisis Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 Tentang Waqaf Terhadap Implementasi dan Tanggung Jawab Naẓir (Studi Kasus Di Mushola Tanwirul Huda Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi). Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Udin Safala.M.H.I.

Kata Kunci/keyword: Implementasi, Tanggung Jawab, Naẓir
Implementasi merupakan suatu aktivitas yang berkaitan dengan penyelesaian suatu pekerjaan untuk memperoleh hasil dari tujuan yang diinginkan. Dalam hal ini implementasi dan tanggung jawab difokuskan terhadap naẓir wakaf di mushola Tanwirul Huda desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi. naẓir wakaf adalah seseorang yang diberi tanggung jawab atau orang yang menerima wakaf dari dan oleh wakif untuk melakukan pengelolaan terhadap harta benda wakaf. Dalam hal ini keberadaannya sebagai naẓir wakaf tersebut masih perlu di perjelas kembali, karena pasalnya naẓir tersebut tidak benar-benar paham atas tugas dan tanggung jawab menjadi naẓir wakaf tersebut sehingga menghambat dalam pengelolaan wakaf dan tidak maksimal dalam menjadi naẓir wakaf perseorangan.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap kinerja naẓir dalam pengelolaan harta wakaf di Mushola Tanwirul Huda Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi? (2) Bagaimana Tinjauan Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 tentang Wakaf terhadap kinerja naẓir dalam pelaporan harta wakaf di Mushola Tanwirul Huda Desa Jogorogo Kecamatan Jogorogo Kabupaten Ngawi?

Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif, sedangkan Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode induktif yaitu dari mengemukakan fakta-fakta empirik yang bersifat khusus dari hasil penelitian kemudian diakhiri dengan kesimpulan bersifat umum.

Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kinerja naẓir di Mushola Tanwirul Huda Desa Jogorogo belum sepenuhnya sesuai, karena jika ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 2004 banyak tugas naẓir yang tidak terlaksanan sebagaimana hal ini seperti dalam Pasal 11 yaitu dari segi pengelolaan. Sedangkan mengenai pelaporan yang dilakukan naẓir pada Wakaf di Mushola Tanwirul Huda Desa Jogorogo ini juga belum sesuai dengan Undang-Undang No 41 Tahun 2004 Pasal 11 pada huruf 4 dijelaskan bahwa naẓir melaporkan pelaksanaan tugas kepada BWI (Badan Wakaf Indonesia).

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin Safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:57
Last Modified: 25 Nov 2021 02:57
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16961

Actions (login required)

View Item View Item