...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMESANAN RONCE BUNGA MELATI DI SEKAR LINA DESA KIRINGAN KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN

Arifin, Rahmaniar (2021) ...(LENGKAPI STEMPEL PADA LEMBAR PERSETUJUAN DAN PENGESAHAN, UPLOAD ULANG FORMAT PDF)...TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK PEMESANAN RONCE BUNGA MELATI DI SEKAR LINA DESA KIRINGAN KECAMATAN TAKERAN KABUPATEN MAGETAN. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img] Text
SKRIPSI E-THESIS.docx

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Arifin, Rahmaniar, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktek Pemesanan Ronce Bunga Melati di Desa Kiringan Kecamatan takeran Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamala). Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. H. Saifullah, M.Ag.
Kata Kunci: Pemesanan, Ronce Bunga Melati, Istis}na>’
Kajian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh kegiatan pemesanan Ronce Bunga Melati di Sekar Lina Desa Takeran. Dalam praktiknya saat akad pemesanan ronce bunga melati pihak pemilik ronce bunga melati memiliki kebiasaan bahwa tidak memberikan contoh model atau bentuk ronce kepada pihak pemesan secara jelas. Permasalahan kedua adalah tentang perubahan harga pesanan saat melakukan perjanjian harga sudah ditetapkan oleh pemilik. Namun saat bunga sudah jadi di serahkan ke pemesan, pihak penjual memberitahu bahwa ada perubahan harga saat barang diberikan ke pemesan. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi kesepakatan baru dengan menggunakan kaidah al-Addah Muhakkamah pada transaksi perubahan harga di akhir, maka tidak harus mengikuti harga awal pada saat perubahan harga berubah diakhir dan diterima oleh pemesan sehingga terjadinya kesepakatan baru dan istis}na>’ membolehkan.
Dari latar belakang diatas penulis merumuskan 2 masalah yang meliputi: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad pemesanan ronce bunga melati di Sekar Lina Kabupaten Magetan (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap perubahan harga tiap rangkaian bunga melati di Sekar Lina Kabupaten Magetan?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian lapangan, teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, dan interview dan analisis menggunakan metode induktif.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa akad yang terjadi pada praktik pemesanan ronce bunga melati di Sekar Lina Kabupaten Magetan menggunakan akad istis}na> dan sudah sesuai dengan hukum Islam, karena sudah terpenuhinya rukun dan syarat yaitu aspek objek, berupa kuantitas barang yang menjadi objek sudah sesuai dengan kesepakatan antara pemilik dan pemesan. Pada perubahan harga di Sekar Lina Kabupaten Magetan sudah sesuai dengan dengan hukum Islam. Hal ini menunjukkan bahwa terjadi kesepakatan baru dengan menggunakan kaidah al-'addah muhakkamah sehingga tidak harus mengikuti harga awal pada saat perubahan harga dan diterima oleh pemesan. Maka hal ini terjadi kesepakatan baru dan istis}na> membolehkan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: SAIFULLAH
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:58
Last Modified: 25 Nov 2021 02:58
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16960

Actions (login required)

View Item View Item