Analisis Gaya kepemimpinan perspektif Ekonomi Islam dalam meningkatkan kinerja karyawan (studi pada Kurnia Walet Ponorogo)

Qomariyah, Indun (2021) Analisis Gaya kepemimpinan perspektif Ekonomi Islam dalam meningkatkan kinerja karyawan (studi pada Kurnia Walet Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI_210717086_INDUN QOMARIYAH_FEBI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Qomariyah, Indun. 2021. Analisis Gaya Kepemimpinan Perspektif Ekonomi Islam Dalam Meningkatkan Kinerja Karyawan (Studi Kasus di Kurnia Walet Ponorogo). Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Ruliq Suryaningsih, M.Pd.

Kata kunci: Kepemimpinan, Komunikasi, Kinerja Karyawan
Salah satu faktor keberhasilan organisasi adalah gaya kepemimpinan. Akan tetapi, masih terdapat gaya kepemimpinan yang belum sepenuhnya sesuai dengan kepemimpinan berdasarkan Perspektif Ekonomi Islam, seperti pada Kurnia Wallet Ponorogo yaitu kepemimpinan belum sepenuhnya tegas kepada karyawan sehingga dapat menurunkan kinerja karyawan terutama dalam pengambilan keputusan, berkomunikasi, dan pemberian kompensasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini diantaranya, Bagaimana perubahan gaya kepemimpinan pada kurnia walet dan Dampaknya terhadap kinerja karyawan kurnia walet dari Perspektif Ekonomi Islam?. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research). Dengan pendekatan yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini dilakukan di Kurnia Wallet Ponorogo dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Gaya kepemimpinan pemimpin Kurnia Walet yang dulu adalah dalam hal pengambilan keputusan kurang sesuai dikarenakan kurang tegas terhadap karyawan. Serta kurang mengawasi para karyawannya, terkait bijaksana dalam berkomunikasi masih perlu ditingkatkan dalam menyampaikan pesan. kaitannya dengan kepemimpinan dalam pemberian kompensasi berupa gaji atau upah dan THR pada saat lebaran namun belum memenuhi asas layak karena gaji belum sesuai dengan batas upah minimal pemerintah Kota Ponorogo. Sedangkan gaya kepemimpinan yang sekarang adalah Pemimpin Kurnia Walet ponorogo dalam mengawasi, mengarahkan, mengambil keputusan, berkomunikasi, mencari solusi dan mengontrol kinerja karyawan sudah jauh lebih baik dari sebelumnya, namun masih ada hal yang harus diperbaiki yaitu dalam hal pemberian upah atau imbalan yang diberikan pemimpin dirasa tidak adil oleh karyawan, sistem imbalan yang dianggap tidak adil menurut persepsi pegawai.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:59
Last Modified: 25 Nov 2021 02:59
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16959

Actions (login required)

View Item View Item