Makna Kecantikan Dalam Iklan Nivea Extra White Radiant & Smooth Body Serum Versi Julie Estelle (Analisis Semiotika Roland Barthes)

Wahyuli, Sri (2021) Makna Kecantikan Dalam Iklan Nivea Extra White Radiant & Smooth Body Serum Versi Julie Estelle (Analisis Semiotika Roland Barthes). Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SRI WAHYULI-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Sri Wahyuli. 2021. Makna Kecantikan dalam Iklan Analisis Semiotika Iklan Nivea Extra White Radiant & Smooth Body Serum versi Julie Estelle (Analisis Semiotika Roland Barthes). Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islan Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Asna Istya Marwantika, M.Kom.I.
Kata kunci: Makna cantik, Kecantikan dalam Iklan, Semiotika, Nivea.
Iklan (advertising) merupakan penyampaian pesan visual atau oral kepada khalayak dengan tujuan menginformasikan atau mempengaruhi. Kecantikan bagi perempuan dikaitkan dengan kelembutan, feminitas dan memiliki kulit yang sempurna.
Ada dua persoalan yang hendak dikaji dalam skripsi ini, yaitu: Apa saja penanda dan petanda kecantikan dalam iklan Nivea Extra White Radiant & Smooth Body Serum. Selain itu apa makna kecantikan yang terdapat dalam iklan Nivea Extra White Radiant & Smooth Body Serum.
Penelitian ini menggunakan analisis semiotika Roland Barthes dalam melakukan penelitian terkait makna kecantikan dalam iklan nivea extra white radiant & smooth body serum (versi Julie Estelle) sebagai objek penelitian. Adapun pengumpulan data yang digunakan adalah teknik: observasi, dokumentasi, analisis data dengan penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa penanda dan petanda kecantikan dalam iklan Nivea Extra White Radiant & Smooth Body Serum Penandanya berupa model, ruangan, audio, produk dari iklan tersebut. Sedangkan petandanya dari “model” menunjukkan seorang perempuan, berkulit putih, tinggi, ramping dll. “Ruangan” suatu tempat tertutup, memiliki jendela, sofa dan beberapa barang sehingga memperindah ruangan tersebut. “Audio” merupakan narasi yang disampaikan model untuk memberikan informasi tentang produk tersebut. “Produk” merupakan kosmetik kecantikan, berupa serum untuk seluruh tubuh. Sedangkan kecantikan adalah yang memiliki kulit cerah bersinar, kulit sawo matang adalah jelek dan harus di ubah, kecantikan adalah yang memiliki kulit cerah merona, kecantikan kulit putih ala Eropa, warna kulit Eropa adalah kecantikan yang sempurna. Akan tetapi berbeda menurut dalam pandangan Islam kecantikan tidak hanya dilihat dari tampilan fisik yang berkulit putih dan cerah tetapi dilihat dari dalam diri (ruh atau rohani) yang memiliki kecerdasan, mampu berinteraksi dengan lingkungan sekitar, percaya diri dan juga cara berbusana yang harus menutup aurat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:05
Last Modified: 25 Nov 2021 03:05
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16950

Actions (login required)

View Item View Item