Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu Kidung Wahyu Kalaseba (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce)

Susanti, Anistia Angga (2021) Pesan Dakwah dalam Lirik Lagu Kidung Wahyu Kalaseba (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce). S1.

[img]
Preview
Text
Anistia Angga.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Susanti, Anistia Angga.“ Analisis Pesan Dakwah Dalam Lirik Lagu “Kidung Wahyu Kalaseba” (Analisis Semiotik Charles Sanders Peirce)”.Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Asna Istya Marwantika M.Kom.I

Kata kunci : Pesan Dakwah, Musik, Semiotika Charles Sanders Peirce
Pesan dakwah dapat melalui karya sastra seni musik yang telah berkembang dari zaman Wali yang diiringi musik hadrah atau rebana sebagai musikalisasinya. Salah satunya, Lagu Kidung Wahyu Kalaseba yang termasuk salah satu musik tradisional yang mengunakan instrument gendhing jawa. Syi’ir Jawa ini merupakan lantunan sakral untuk menghadapkan hati pada sang penguasa alam dengan harapan mendapatkan berbagai anugerah dan berisi ajaran kepada umat manusia yang ingin mengetahui kesejatian hidup. lagu ini termasuk kelompok syiir yang mengandung isi doa, ajaran moral, nasehat, nilai-nilai kemanusiaan yang luhur dan hal-hal untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta dan dapat juga menjadi suatu hiburan bagi masyarakat.
Skripsi ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Apa tanda pesan dakwah dalam lirik lagu “Kidung Wahyu Kalaseba” dalam analisis Semiotik Charles Sanders Peirce? (2) Bagaimana pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu Kidung Wahyu Kalaseba?. Untuk menjawab pertanyaan di atas, metode yang digunakan dalam hal ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Sebagai alat analisis dalam penelitian ini, penulis menggunakan teori Semiotik Charles Sanders Peirce yaitu segitiga makna, peneliti menganalisis pesan dakwah yang ada dalam lirik lagu Kidung Wahyu Kalaseba. Pesan dakwah terbagi menjadi pesan aqidah (tauhid), dan pesan akhlak.
Hasil penelitian menunjukan bahwa lirik lagu Kidung Wahyu Kalaseba mengandung pesan dakwah sebagai berikut: Tanda-tanda yang dimunculkan dalam lirik lagu Kidung Wahyu Kalaseba yakni memerangi hawa nafsu, keimanan dan ketaqwaan, amar ma’ruf nahi munkar, amal sholeh, menghindar rayuan setan dengan memiliki ilmuu, semata-mata mengabdi kepada Allah SWT. Pesan dakwah yang terkandung dalam lirik lagu Kidung Wahyu Kalaseba yakni pertama, pesan akidah/tauhid yaitu yang mempunyai indikasi keyakinan pada tuhan yang menjelaskan tentang hal-hal kecil, mengingatkan kehidupan dunia, mengingatkan kehidupan di akhirat dan keimanan kepada Allah SWT. Kedua, pesan akhlak yaitu tingkah laku yang melekat pada diri seseorang, baik terpuji, tercela, berprasangka baik, ajakan berbuat dosa, dan rajin beribadah.

Item Type: Article
Thesis Supervisor: Asna Istya Marwantika
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:35
Last Modified: 25 Nov 2021 02:35
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16944

Actions (login required)

View Item View Item