Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif Di Yayasan Ikatrina Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo

Dewi, Ratna Ramuna (2021) Manajemen Pengelolaan Wakaf Produktif Di Yayasan Ikatrina Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211616012_Ratna Ramuna Dewi_Manajemen Zakat dan Wakaf.pdf

Download (637kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Dewi, RatnaRamuna.2021. “Manajemen PengelolaanWakaf Produktif di Yayasan Ikatrina Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo.”Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Unun Roudlotul Jannah, M.H.I.

Kata kunci :Manajemen, Pengelolaan, Wakaf

Dalam perwakafan, pengelolaan wakaf atau nazhir sangat membutuhkan manajemen dalam menjalankan tugasnya. Untuk menjadi wakaf produktif perlu adanya manajemen yang baik khususnya dalam pengelolaan wakaf produktif persawahan pengelola harus mampu memberikan hasil yang optimal guna wakaf itu dapat di produktifkan untuk kesejahteraan umat. Keunikannya disini adalah dalam hal pengelolaan wakaf produktif Yayasan Ikatrina menggunakan sistem bagi hasil kemudian berubah menjadi jual sewa tahunan. Salah satu alasannya yaitu dapat menjamin nilai hasil sewa harta wakaf pertahunnya itu sudah jelas dan pasti. Karena itu pihak Yayasan akan tetap stabil dalam hal pendistribusiannya yang di khususkan untuk kebutuhan anak-anak asuh di Yayasan.
Rumusan Masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana manajemen pengelolaan wakaf produktif di Yayasan Ikatrina Desa Ngunut Kecamatan Babadan Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat dalam pengelolaan wakaf produktif di Yayasan Ikatrina Desa Ngunut Kecamatan Kabupaten Ponorogo? Dalam penyusunan skripsi ini, penulis menggunakan metode penelitian fielder search karena peneliti dalam melakukan pencarian data serta mengumpulkan data dilakukan di tempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif, karena peneliti ini menghasilakan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang di wawancarai atau di amati.
Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan oleh penulis, peneliti ini menunjukkan manajemen pengelolaan wakaf produktif persawahan sudah berkembang dan mampu memproduktifkan. Dengan hasil mampu mencukupi kebutuhan dalam faktor kebutuhan sehari-hari anak asuh di Yayasan tersebut. Dari aset wakaf tunai mampu dijadikan sekotak tanah persawahan untuk dikelola di jadikan wakaf produktif yang diperuntukkan untuk anak-anak asuh di Yayasan. Mengenai faktor pendukung untuk memanfaatkan tanah yang di wakafkan pihak Yayasan Ikatrina mengambil keputusan untuk dijual tahunan dengan sistem bayar dimuka, dengan hal itu faktor kerugian pada Yayasan sangat kecil karna pihak Yayasan tidak mengelolanya sendiri, sedangkan penghambat pihak nadzir tidak bertanggung jawab dalam mengelola aset wakaf persawahan, untuk pengelolaan diserahkan seluruhnya kepada pihak Yayasan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:17
Last Modified: 25 Nov 2021 03:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16941

Actions (login required)

View Item View Item