GAYA KOMUNIKASI PERAYAAN HARI RAYA ANTARA UMAT ISLAM DAN KATOLIK DALAM MEMBANGUN MODERASI AGAMA DI DESA KLEPU KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO

SETIYONO, LANGGENG (2021) GAYA KOMUNIKASI PERAYAAN HARI RAYA ANTARA UMAT ISLAM DAN KATOLIK DALAM MEMBANGUN MODERASI AGAMA DI DESA KLEPU KECAMATAN SOOKO KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI langgeng setiyono FULL UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Langgeng Setiyono, 2021. gaya komunikasi perayaan hari raya antara umat islam dan katolik dalam membangun moderasi agama di desa klepu kecamatan sooko kabupaten ponorogo. Skripsi. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) Fakulas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah (FUAD) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr Muhamad Irfan Riyadi, M. Ag.
Kata Kunci : Gaya Komunikasi, Toleransi Agama
Gaya Komunikasi Beragama ada beberapa macam. Baik yang moderat maupun radikal. Di desa Klepu juga terdapat beberapa gaya komunikasi antara umat Islam dan agama Katolik, khususnya pada perayaan hari raya Natal dan Idul Fitri. Hari raya di desa Klepu diikuti oleh umat Islam dan Katolik. kedua agama yang mengikuti perayaan hari raya ini, ada pro dan kontra. Yang pro dengan silaturahmi antar umat beragama di hari raya dan yang kontra denganya.
Tujuan penelitian ini untuk menuliskan pembahasan meliputi: pertama, macam-macam gaya komunikasi antara umat beragama di desa Klepu. Kedua, bentuk toleransi sebagai media komunikasi di desa Klepu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan Kualitatif. Lokasi penelitian ini di desa Klepu Kecamatan Sooko Kabupaten Ponorogo. Penulis mendapatkan sumber data dari wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang berhasil terkumpul akan peneliti analisis dengan teori gaya komunikasi, toleransi, dan teori-teori pendukung dari kedua teori tersebut.
Dari penelitian ini dapat diambil kesimpulan 1). Gaya komunikasi di Desa Klepu dari agama Islam dan Katolik diklasifikasikan menjadi 4 macam yaitu: a). Islam Tradisional dengan gaya kesamaan (the equalitarian style the). b). Islam Modern dengan gaya Mengontrol (the controlling style) dan gaya dinamis (the dynamic style. c). Islam Puritan dengan gaya Mengontrol (the controlling style) dan gaya struktur (the structuring style). d). Katolik Fleksibel dengan gaya lepas (The relighuishing style) dan gaya kesamaan (the equalitarian style) 2). Bentuk toleransi sebagai media komunikasi di desa Klepu ada dalam kegiatan sosial yaitu: arisan, sinoman, gotong royong., dan kegiatan keagamaan yaitu: Slametan dan kematian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MUHAMAD IFRAN RIYADI
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:30
Last Modified: 25 Nov 2021 03:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16940

Actions (login required)

View Item View Item