Pola Asuh Single Parent Dalam Membentuk Kemandirian Anak Di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Maulana, Adam (2021) Pola Asuh Single Parent Dalam Membentuk Kemandirian Anak Di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Adam Maulana 211517036.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maulana, Adam. 2021. Pola Asuh Single Parent Dalam Membentuk Kemandirian Anak Di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut AgamaIslam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Muhamad Nurdin. M.Ag

Kata Kunci: Pola Asuh Single Parent, Membentuk Kemandirian Anak, Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo

Kemandirian adalah dimana anak sudah memiliki atau sudah mampu untuk melakukan tanggung jawab sebagai mana perkembangan pada umur anak. Serta anak telah memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kepercayaan yang telah diberikan olehkedua orang tuanya membuat anak memiliki peluang besar untuk menjadi pribadi yang lebih mandiri. Tidak hanya mandiri secara fisik, tetapi juga secara psikologis kela, Secara bahasa, pola berarti bentuk, tata cara, dan asuh berarti menjaga, merawat dan mendidik. Sehingga pola asuh memiliki arti bentuk atau sistem dalam menjaga, merawat dan mendidik. Sedangkan menurut istilah pola asuh anak adalah suatu pola atau system yang diterapkan dalam menjaga, merawat, dan mendidik seorang anak yang bersifat konsisten. Pola asuh merupakan cara orang tua dalam mengasuh dan membimbing anaknya.
Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah cara Single Parent membentuk kemandirian anak di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo, perkembangan kemandirian anak dan hasil pola asuh Single Parent terhadap kemandirian anak di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo?
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fieldresearch) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, analisa yang digunakan adalah metode induktif dengan tahapan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa Cara yang dilakukan oleh single parent dalam membentuk kemandirian anak yaitu orang tua harus memiliki kesabaran dan ketelatenan, selanjutnya orang tua harus terus menerus memberikan masukan kepada anak-anaknya agar anak menjadi mandiri, lingkungan sekitar, masyarakat dan sekolah adalah cara pendukung untuk menjadikan anak menjadi mandiri, Bagaimana perkembangan kemandirian anak dan hasil pola asuh orang tua Single Parent terhadap kemandirian anak di Desa Crabak Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo yaitu anak menjadi mandiri dalam segala kegiatan yang berkaitan dengan membantu orang tuanya maupun kegiatan yang berkaitan dengan dirinya sendiri misalnya membereskan tempat tidurnya sendiri setelah bangun tidur, mencuci piring, mencuci baju, dan membantu orang tua bersih-bersih rumah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:02
Last Modified: 25 Nov 2021 03:02
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16938

Actions (login required)

View Item View Item