TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MOBIL BEKAS DI PRABU MOTOR PONOROGO

Antilinafiah, Antilinafiah (2021) TINJAUAN HUKUM ISLAM TERHADAP PRAKTIK JUAL BELI MOBIL BEKAS DI PRABU MOTOR PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Skripsi - ANTILINAFIAH.pdf

Download (812kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Antilinafiah, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Jual beli Mobil Bekas Di Prabu Motor Ponorogo, Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing: M. Ilham Tanzilulloh, M.HI.
Kata Kunci: Jual Beli, Akad, Kesesuaian harga, kualitas barang

Jual beli merupakan salah satu jenis muamalah, jual beli mobil bekas merupakan salah satu diantaranya. Salah satu showroom yang menjual mobil bekas di Ponorogo ialah Prabu Motor Ponorogo. Menurut hukum Islam,sah tidaknya suatu jual beli bergantung kepada terpenuhinya rukun dan syarat jual beli itu sendiri. Jual beli harus dilakukan atas dasar suka sama suka dan mendatangkan kemaslahatan bagi kedua belah pihak. Terlebih pada jual beli mobil bekas harus di jelaskan secara detail mengenai kondisinya. Dalam jual beli mobil bekas semua rukun terpenuhi, namun ada satu syarat dalam rukun objek jual beli yang diragukan yaitu objek jual beli tidak diketahui dengan jelas. Karena dalam penjualan tidak memberi keterangan dengan jelas keadaan mobil bekas atau menutup-nutupi cacat sedemikian rupa, sehingga cacat tidak terlihat.

Adapun rumusan masalah penelitian dalam menyusun skripsi ini yaitu: 1) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Akad Jual Beli mobil bekas di Prabu Motor Ponorogo. 2) Tinjauan Hukum Islam Terhadap kesesuaian harga dengan kualitas barang di Prabu Motor Ponorogo.

Untuk menjawab pertanyaan tersebut peneliti menggunakan jenis penelitian (field reseach). Karena membahas kasus yang berkembang di masyarakat dengan menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, observasi sedangakan metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah metode pendekatan kualitatif.

Dari hasil pembahasan dan analisa dapat diperoleh kesimpulan bahwa: penelitian menyimpulkan bahwa: (1) Akad jual beli mobil bekas di Showroom Prabu Motor Ponorogo sudah sesuai dengan Hukum Islam. Sebab telah sesuai dengan rukun dan syaratnya. Namun cara pelaksanaan jual beli mobil bekas tersebut bertentangan dengan Hukum Islam karena adanya penipuan yaitu menyembunyikan cacat pada bagian mobil tersebut.(2)Penetapan harga pada jual beli di Prabu Motor Ponorogo masih belum sesuai dengan Hukum Islam, sebab kesesuaian harga dengan kualitas barang merupakan dasar dari terlaksananya jual beli yang berasaskan suka sama suka dengan tidak menutupi bagian yang cacat kepada konsumen.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: M. Ilham Tanzilulloh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:51
Last Modified: 25 Nov 2021 02:51
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16932

Actions (login required)

View Item View Item