Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak Di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi

Munita, Zakkiya Zahro (2021) Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak Di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Zakkiya Zahro Munita 211517012.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Munita, Zakkiya Zahro. 2021. Peran Orang Tua Dalam Mengatasi Kecanduan Game Online Pada Anak Di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin Adab Dan Dakwah Institut AgamaIslam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing, Kayyis Fithri Ajhuri, M.A.

Kata Kunci: Peran Orang Tua, Kecanduan Game Online, Anak, Teori Psikologi Anak

Perkembangan internet menyuguhkan banyak penawaran yang menarik termasuk bagi anak remaja atau anak sekolah. Namun, dibandingkan untuk menggunakan internet untuk menyelesaikan tugas sekolah, kenyataannya banyak yang beralih pada game online. Bermain game online secara berlebihan akan mempengaruhi kesehatan baik fisik maupun mental pada anak, dan bisa mengarah kepada adiksi bagi pemainnya. Disadari pandangan bahwa penerapan upaya-upaya bimbingan orang tua dalam membatasi atau mengontrol kebiasaan atau kegemaran anak bermain game online, maka orangtua perlu memehami bagaimana membentuk relasi yang hangat dengan anak.
Masalah yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah perubahan perilaku anak yang mengalami kecanduan Game Online di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi, kontribusi orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan Game Online di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi, hasil pendampingan orang tua dalam mengatasi anak dalam kecanduan Game Online di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi?
Menurut jenisnya penelitian ini termasuk penelitian lapangan (fieldresearch) sedangkan pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi, analisa yang digunakan adalah metode induktif dengan tahapan reduksi, display data dan penarikan kesimpulan.
Dari penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat dua dampak yang ditimbulkan; Bentuk perilaku anak yang kecanduan game online di Desa Jeblogan Kecamatan Paron Kabupaten Ngawi terdapat dua bentuk prilaku, bentuk prilaku posittif dan juga bentuk prilaku negatif, Kontribusi orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan game online memiliki beberapa cara yaitu memberikan pengawasan saat bermain game online, memberikan batasi waktu jika anak bermain sendiri, menaruh gadget di tempat yang tersembunyi dan diberi sandi, Hasil pendampingan orang tua dalam mengatasi anak kecanduan game online adalah anak menjadi tidak kecanduan game online lagi, memiliki tangung jawab ketika diminta mengerjakan sesuatu dan menjadi mandiri ketika mengerjakan tugasnya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Kayyis Fithri Ajhuri
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130305 Educational Counselling
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:10
Last Modified: 25 Nov 2021 03:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16929

Actions (login required)

View Item View Item