Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo

Ramadhani, Anasya Putri (2021) Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211517019_AnasyaPutriRamadhani_Bimbingan Penyuluhan Islam.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ramadhani, Anasya Putri. 2021. Hubungan antara Kontrol Diri dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) IAIN Ponorogo. Skripsi. Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Muhammad Nurdin, M. Ag.

Kata Kunci: kontrol diri, prokrastinasi akademik, mahasiswa

Prokrasinasi akademik sudah menjadi hal umum di kalangan mahasiswa. Mahasiswa lebih senang melakukan kegiatan lain yang kurang bermanfaat. Apabila terus dilakukan, maka akan berdampak negatif pada diri pelaku dan pihak lain. Perilaku tersebut akan terbawa dalam kehidupan sehari-hari. Kontrol diri adalah aspek penting yang bisa mempengaruhi pola hidup dan tingkah laku individu agar terhindar dari perilaku-perilaku tidak baik yang dapat merugikan diri sendiri ataupun orang lain. Mahasiswa yang melakukan prokrastinasi akademik kemungkinan memiliki kontrol diri yang rendah.
Berdasarkan latar belakang di atas, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Tingkat kontrol diri mahasiswa BPI semester 3 sampai semester 11 tahun akademik 2021 IAIN Ponorogo, 2) Tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa BPI semester 3 sampai semester 11 tahun akademik 2021 IAIN Ponorogo, 3) Hubungan antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa BPI semester 3 sampai semester 11 tahun akademik 2021 IAIN Ponorogo. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini merupakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan berjumlah 146 responden, yaitu mahasiswa BPI semester 3 sampai semester 11 pada semester ganjil tahun akademik 2021. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner, dan untuk analisis yang digunakan uji instrumen (validitas dan reliabilitas), uji statistika (statistik dan inferensial) dan uji hipotesis menggunakan uji korelasi rank spearman.
Dari hasil analisis menunjukan bahwa 1) tingkat kontrol diri mahasiswa tergolong sedang dengan presentase 69,9%, 2) tingkat prokrastinasi akademik mahasiswa tergolong sedang dengan presentase 69,9% dan 3) terdapat hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik mahasiswa Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Ponorogo. Hal ini dapat diketahui dari hasil perhitungan SPSS yaitu nilai rs -0,722 dengan signifikan 0,000 < 0,05 serta untuk nilai zhitung -8,693 < ztabel -1,96. Sehingga Ha diterima Ho ditolak artinya adanya hubungan negatif antara kontrol diri dengan prokrastinasi akademik mahasiwa Bimbingan Penyuluhan Islam semester 3 sampai semester 11 tahun akademik 2021 IAIN Ponorogo IAIN Ponorogo. Semakin tinggi kontrol diri maka semakin rendah prokrastinasi akademik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Muhamad Nurdin
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:36
Last Modified: 25 Nov 2021 02:36
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item