Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Tanggung Renteng Dalam Pinjaman Dana Bergulir Di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Kelurahan Mojorejo Kecamatan Taman Kota Madiun

Siregar, Lulu Luthfia (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Tanggung Renteng Dalam Pinjaman Dana Bergulir Di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Kelurahan Mojorejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
LU'LU LUTHFIA SIREGAR_210216013_HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Siregar, Lu’lu Luthfia. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Sistem Tanggung Renteng Dalam Pinjaman Dana Bergulir Di Unit Pengelola Keuangan (UPK) Kelurahan Mojorejo Kecamatan Taman Kota Madiun. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Umarwan Sutopo, M.H.I.
Kata Kunci:Qard}, Kafa>lah, Riba, Tanggung Renteng.
Pinjaman dana bergulir menurut konteks program KOTAKU adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh Lembaga Keswadayaan Masyarakat (LKM) bersama UPK untuk memberikan modal kepada warga miskin. Mekanisme kegiatan pinjaman tersebut dilakukan secara berkelompok melalui sistem tanggung renteng, dimana bentuk ini adalah upaya agar kelompok tersebut tidak akan mengalami penunggakan karena masing-masing anggota mempunyai kewajiban yang sama dalam menanggung. Terkecuali daripada itu, dalam pinjaman ini dikenakan biaya jasa. Praktik di lapangan, ternyata ada pihak yang dirugikan akibat konsep tanggung renteng dan implementasinya terjadi secara berbeda.
Dari latar belakang di atas peneliti menggunakan dua rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap sistem perjanjian tanggung renteng dalam pinjaman dana bergulir di UPK Kelurahan Mojorejo Kecamatan Taman Kota Madiun? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap jasa yang terdapat dalam pinjaman dana bergulir di UPKKelurahan Mojorejo Kecamatan Taman Kota Madiun?
Dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan objek penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi terhadap data kependudukan. Teknik pengelolahan data dilakukan dengan menggunakan teori qard}, teori kafa>lah, teori riba, dan teori mengenai konsep tanggung renteng selanjutnya penulis terjun langsung di lapangan kemudian dapat ditarik kesimpulan dari analisa kemudian dianalisis secara hukum Islam.
Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: (1) Sistem perjanjian tanggung renteng dalam pinjaman dana bergulir di UPK Mojorejo apabila ditinjau dari teori Kafa>lahmaka belum sesuai dengan hukum Islam karena dalam surat perjanjian pinjaman belum ada kejelasan terkait siapa yang ditanggung maupun yang menanggung pinjaman dana bergulir dengan tanggung renteng tersebut. (2) Jasa dalam perjanjian pinjaman dana bergulir di UPK Mojorejo apabila ditinjau dari hukum Islam masuk dalam ihtilaf fuqoha.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Umarwan Sutopo
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:34
Last Modified: 25 Nov 2021 03:34
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16920

Actions (login required)

View Item View Item