Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus pada CV. Sido Mulyo Desa Bulu Kec. Sambit Kab. Ponorogo)

Adetianingrum, Tiansi Evi (2021) Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi Kasus pada CV. Sido Mulyo Desa Bulu Kec. Sambit Kab. Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717170_TIANSI EVI ADETIANINGRUM_ES. E.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Adetianingrum, Tiansi Evi, Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Pendapatan Masyaraka (Studi Kasus pada CV. Sido Mulyo Desa Bulu Kec. Sambit Kab. Ponorogo). Skripsi. 2021. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ruliq Suryaningsih, M.Pd.
Kata Kunci: Peran, UMKM, Pendapatan masyarakat.
Di dalam sebuah perusahaan, apabila terjadi peningkatan penjualan pendapatan yang diterima juga akan meningkat. Akan tetapi pada UMKM CV. Sido Mulyo dalam beberapa bulan terakhir ini mengalami penurunan penjualan sebesar 40% dari bulan-bulan sebelumnya tepatnya pada awal tahun 2021 ini. Penurunan penjualan ini dikarenakan kurangnya kontrak kerjasama dengan perusahaan lain yang berada di dalam kota maupun luar kota, bahkan penjualan akan produk dari UMKM ini belum menembus pasar luar negeri. Akan tetapi pendapatan yang diperoleh oleh karyawan yang tergabung di UMKM ini meningkat. Maka diperoleh rumusan masalah: Bagaimana peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) CV. Sido Mulyo dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo?, Kendala apa saja yang dihadapi oleh UMKM CV. Sido Mulyo?, Bagaimana dampak UMKM CV. Sido Mulyo terhadap peningkatan pendapatan masyarakat di Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo?.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan datanya adalah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Setelah data dikumpulkan, kemudian diadakan pengujian keabsahan data dengan meningkatkan ketekunan dan triangulasi sumber maupun waktu. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode deduktif.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan dapat ditarik kesimpulan: pertama, Peran Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) CV. Sido Mulyo dalam meningkatkan pendapatan masyarakat di Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo yaitu Sebagai sarana mengentaskan masyarakat kecil dari jurang kemiskinan dan pemerataan ekonomi masyarakat. Kedua, kendala yang dihadapi oleh UMKM CV. Sido Mulyo Desa Bulu Kecamatan Sambit Kabupaten Ponorogo yaitu kendala internal dan kendala eksternal. Ketiga, keberadaan UMKM CV. Sido Mulyo memberikan dampak yang positif bagi masyarakat yang tinggal disekitar tempat usaha. Dengan adanya UMKM CV. Sido Mulyo mampu menaikkan taraf hidup masyarakat.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ruliq Suryaningsih
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:32
Last Modified: 25 Nov 2021 02:32
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16919

Actions (login required)

View Item View Item