FAKTOR TERHADAP MINAT NASABAH TABUNGAN HIJRAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING MUAMALAT PADA KANTOR CABANG PEMBANTU NGANJUK

PUTRI, MELDA KRISTIYA DUWY KURNIA (2021) FAKTOR TERHADAP MINAT NASABAH TABUNGAN HIJRAH DALAM MENGGUNAKAN LAYANAN MOBILE BANKING MUAMALAT PADA KANTOR CABANG PEMBANTU NGANJUK. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817244_Melda Kristiya Duwy Kurnia Putri_Perbankan Syariah.pdf

Download (975kB) | Preview

Abstract

Putri. Melda Kristiya Duwy Kurnia (2021). Analisis Terhadap Minat Nasabah
dalam Menggunakan Layanan Mobile Banking Muamalat Pada Kantor
Cabang Pembantu Nganjuk. Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas
Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo,
Pembimbing: Tiara Widya Antikasari, M.M.
Kata Kunci: mobile banking, minat nasabah.
Mobile banking merupakan suatu layanan perbankan yang diberikan pihak
bank untuk mendukung kelancaran, kemudahan serta keefektifan dan keefisienan
nasabah dalam melakukan berbagai transaksi kegiatan perbankan dengan
menggunakan layanan data yang telah disediakan oleh operator telepon seluler.
Tujuan utama penelitian ini adalah untuk menganalisis minat nasabah dalam
menggunakan layanan m-banking dan strategi yang digunakan Bank Muamalat
KCP Nganjuk untuk menarik minat nasabah menggunakan Mobile Banking.
Berkaitan dengan hal tersebut, peneliti melakukan penelitian tentang
layanan mobile banking dengan judul: Analisis Terhadap Minat Nasabah dalam
Menggunakan Layanan Mobile Banking Muamalat Pada Kantor Cabang
Pembantu Nganjuk. Dengan fokus penelitian sebagai berikut: 1) Bagaimana minat
nasabah Bank Muamalat KCP Nganjuk terhadap penggunaan m-banking?. 2)
Bagaimana strategi Bank Muamalat KCP Nganjuk dalam menarik minat nasabah
untuk menggunakan m-banking?. 3) Bagaimana dampak penerapan strategi yang
dilakukan Bank Muamalat KCP Nganjuk untuk menarik minat nasabah
menggunakan m-banking?
Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan (Field Research) dengan
jenis penelitian kualitatif. Data primer berupa hasil wawancara kepada Customer
Service dan nasabah . Data sekunder sumber data yang didapat dari catatan,
buku, jurnal berupa laporan publikasi perusahaan, laporan pemerintah, artikel,
buku-buku sebagai teori, dan sebagainya. Sampel yang digunakan adalah
purposive sampling. Analisis dilakukan bersamaan dengan penyajian data
berdasarkan pendekatan penelitian, dengan metode diskriptif-analitik.
Adapun penelitian ini menemukan hasil sebagai berikut: Pada minat
nasabah terdapat kesesuaian antara praktik di lapangan dengan teori yang diangkat
yaitu terkait manfaat muamalat mobile banking Sedangkan responden lainnya
tidak terdapat kesesuaian. Strategi bank muamalat untuk memasarkan produknya
berupa muamalat mobile banking sudah mendapatkan kesesuian. Karena strategi
yang dilakukan adalah mewajibkan seluruh nasabah baru untuk mengunduh
aplikasi resmi muamalat mobile banking untuk melakukan transaksi. Dampak
strategi Bank Muammalat KCP Nganjuk dalam menarik miant nasabah untuk
menggunakan mobile banking berdampak pada memudahkan pelayanan, cepat,
efisiensi waktu, dan praktis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Tiara Widya Antikasari
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:30
Last Modified: 25 Nov 2021 02:30
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item