Analisis Teori Shirkah Terhadap Kerjasama Ternak Sapi Di Desa Belang Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo

Nurhandayani, Dwi (2021) Analisis Teori Shirkah Terhadap Kerjasama Ternak Sapi Di Desa Belang Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Masters thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI DWI UPLOAD.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Nurhandayani, Dwi. 2021. Analisis Teori Shirkah Terhadap Kerjasama Ternak Sapi di Desa Belang Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (HES) Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Prof. Dr. H. Abdul Mun’im Saleh, M.Ag.

Kata kunci: Shirkah, Shirkah ‘Inan, Kerjasama, Bagi Hasil, Risiko.
Shirkah pada hakikatnya merupakan sebuah kerjasama yang menguntungkan. Yang bertujuan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki baik itu berupa harta dan juga tenaga. Seperti kerjasama ternak sapi yang ada di Desa Belang yang sudah lama dipraktikkan di sana. Kerjasama tersebut bermula dari pemilik sapi yang kekurangan tenaga dan biaya dalam merawat sapinya. Pemilik sapi mengeluarkan modal seekor sapi betina sedangkan pemelihara sapi berupa uang yang dikeluarkan secara berkala selama perawatan. Dalam kerjasama tersebut bagi hasilnya berupa anak sapi yang dilakukan secara bergantian. Kerjasama tersebut menghasilkan dampak positif bagi pihak yang melakukan kerjasama yang merasa terbantu satu sama lain.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana analisis teori shirkah terhadap akad kerjasama pada kerjasama ternak sapi di Desa Belang Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo, 2) Bagaimana analisis teori shirkah terhadap ketentuan bagi hasil pada kerjasama ternak sapi di Desa Belang Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo, 3) Bagaimana analisis teori shirkah terhadap resiko kerugian kerjasama ternak sapi di Desa Belang Kecamatan Bungkal Kabupaten Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan (field research) pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan penulis adalah mengunakan observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan metode induktif, dengan menggunakan teori shirkah.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) Jika dilihat dari ciri-ciri kerjasama ternak sapi yang ada di Desa Belang ini, jika dilihat dari segi pengelolaannya yang hanya dibebankan pada pemelihara dan konstribusi modal dari masing-masing pihak itu berbeda, hal itu mirip dengan salah satu jenis shirkah, yaitu shirkah ‘ina>n. (2) Bagi hasil berupa anak sapi dengan mekanisme penerimaan bagi hasil secara bergantian diperbolehkan. Karena dalam shirkah ‘ina>n diperbolehkan bagi hasilnya sama maupun tidak sama antara pihak satu dengan yang lain, dan hal ini juga sesuai kesepakatan awal pihak yang bekerjasama. (3) Penanggungan resiko kerugian dalam kerjasama ini belum sesuai dengan dengan teori shirkah ‘ina>n, karena dalam shirkah ‘ina>n risiko kerugian harus dibagi di antara para mitra secara proporsional dengan pertimbangan modal kedua pihak yang bekerjasama.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: Abdul Mun'im Saleh
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:38
Last Modified: 25 Nov 2021 02:38
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16909

Actions (login required)

View Item View Item