(SILAHKAN UPLOUD ULANG KARENA BELUM SESUAI KETENTUAN DAN CEK PANDUAN DI WEB PERPIUSTAKAAN) Analisis Sadd al-Dzari'ah terhadap Larangan Pernikahan Kebo Balik Kandang Di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo

widodo, Fadjar wahyu (2021) (SILAHKAN UPLOUD ULANG KARENA BELUM SESUAI KETENTUAN DAN CEK PANDUAN DI WEB PERPIUSTAKAAN) Analisis Sadd al-Dzari'ah terhadap Larangan Pernikahan Kebo Balik Kandang Di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
jurnal Fadjar wahyu widodo 210117029.pdf

Download (468kB)

Abstract

ABSTRAK

Wahyu Widodo, Fadjar. 2021, Analisis Sadd al-dzari<’ah Terhadap Larangan Pernikahan Kebo Balik kandang di Kecamatan Jambon Kabupaten Ponorogo.Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam fakultas Syariah Institut Agama Islam Negri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj Khusniati Rofiah, M.S.I.

Kata Kunci : Larangan Perkawinan Kebo Balik kandang

Di Kecamatan Jambon, masih ada sebuah adat larangan pernikahan berupa larangan menikah bagi calon pengantin yang tempat tinggalnya sama dengan salah satu mertuanya, larangan ini masih dipandang sebagai suatu keyakinan yang harus ditaati hal ini menyebabkan munculnya suatu sebagai masalah dimana terdapat pertentangan antara kebiasaan dan syara’. yang akan di analisis dengan sadd al-dzari’ah.Sadd al-dzari<’ah adalah menetapkan hukum larangan atas suatu perbuatan tertentu yang pada dasarnya diperbolehkan maupun dilarang untuk mencegah terjadinya perbuatan lain yang dilarang.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: Bagaimana analisis Sadd al-dzari<’ah terhadap praktik larangan pernikahan kebo balik kandang di Kecamatan Jambon kabupaten Ponorogo, Bagaimana analisis Sadd al-dzari<’ah terhadap dasar larangan pernikahan kebo balik kandang di Kecamatan Jambon kabupaten Ponorogo.
Adapun jenis penelitian yang digunakan merupakan penelitian lapangan dengan mengunakan metode penelitian kualitatif. Adapun Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara. Analisis yang diterapkan menggunakan metode induktif,. Yaitu metode yang menekankan pada pengamatan dahulu, lalu membuat kesimpulan dari pengamatan tersebut.
Larangan pernikahan Kebo balik kandang merupakan dzari<’ah yang semula untuk sesuatu yang mubah, tidak ditunjukanuntuk kerusakan atau keburukan, namun biasanya sampai juga kepada kerusakan atau keburukan, dan bobot keburukannya lebih besar dari pada bobot kebaikannya. Larangan pernikahan kebo balik kandang, ini merupakan dzari<’ah yang membawa kepada perbuatan menurut kebayakan, hal ini berarti bila dzari<’ah tidak dihindarkan seringkali setelah itu akan berakibat dengan perbuatan yang terlarang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Khusniati Rofiah
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:40
Last Modified: 25 Nov 2021 02:40
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16908

Actions (login required)

View Item View Item