TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP HIBAH KEPADA AHLI WARIS DI DESA SIDOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO

Ela, Fitriani (2021) TINJAUAN MASLAHAH TERHADAP HIBAH KEPADA AHLI WARIS DI DESA SIDOREJO KECAMATAN SUKOREJO KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
ELA FITRIANI PERPUS.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fitriani, Ela, 2021. Tinjauan Maṣlaḥah Terhadap Hibah Kepada Ahli Waris di Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Udin Safala, M.H.I.
Kata kunci/keyword: Maṣlaḥah, Hibah, Hibah Wasiat
Dalam ketentuan di dalam Islam syarat agar terjadi pembagian waris adalah meninggalnya pewaris. Namun yang terjadi di Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo masyarakat melakukan praktik hibah kepada ahli waris dengan cara hibah wasiat atau ahli waris baru boleh mengelola harta tersebut ketika pewaris telah meninggal dunia. Hal ini sudah menjadi kebiasaan masyarakat Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo. Pembagian hibah yang masyarakat lakukan yaitu dengan membagi rata hartanya kepada anak-anaknya. Dimana di dalam al-Qur’an dijelaskan mengenai ketentuan hibah secara adil dan teratur antara laki-laki dan perempuan yang di dalamnya sudah ditetapkan bahwa pemberian hibah adalah 1/3 dari total harta yang dimiliki.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan maṣlaḥah terhadap praktik hibah kepada ahli waris di Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo?. (2) Bagaimana tinjauan maṣlaḥah terhadap tujuan hibah kepada ahli waris di Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan dalil-dalil, teori-teori yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembagian hibah yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sidorejo Kecamatan Sukorejo Kabupaten Ponorogo sudah menjadi kebiasaan sejak dahulu yakni dengan membagi rata semua harta kepada anak-anaknya tanpa memandang jenis kelamin dengan alasan agar tidak terjadi sengketa jika pewaris sudah meninggal dunia. Hibah wasiat yang dilakukan oleh masyarakat Desa Sidorejo jika dikaitkan dengan teori maslahah membantu memenuhi kebutuhan hidup seorang anak serta menghindarkan keluarga dari konflik antar keluarga serta memenuhi tujuan syari’at yakni dapat menjaga agama, keturunan, dan harta.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Udin safala
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:24
Last Modified: 25 Nov 2021 02:24
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16905

Actions (login required)

View Item View Item