PENGARUH MANFAAT DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo)

Maula, Ngizaul Fatul (2021) PENGARUH MANFAAT DAN KEMUDAHAN TERHADAP MINAT PENGGUNAAN MOBILE BANKING DENGAN SIKAP SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
NGIZA ULFATUL MAULA.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Maula, Ngizaul Fatul. 2021. “Pengaruh Manfaat Dan Kemudahan Terhadap Minat Penggunaan Mobile Banking Dengan Sikap Sebagai Variabel Intervening” (Studi Pada PT. Bank Syariah Indonesia KCP Ponorogo). Skripsi. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing Faruq Ahmad Futaqi, S.E., M.E.
Kata Kunci: Minat Penggunaan, Manfaat, Kemudahan
Sikap (Attitude Toward Using) merupakan penerimaan atau penolakan sebagai dampak bila seseorang menggunakan suatu teknologi dalam pekerjannya, sikap merupakan kecenderungan yang dipelajari untuk berekasi terhadap penawaran produk dalam masalah yang baik maupun masalah yang tidak baik secara konsisten. Penelitian ini menggunakan sikap sebagai variabel intervening. Dari teori dan beberapa hasil wawancara mengenai manfaat, kemudahan terhadap minat menggunakan mobile banking terjadi kesenjangan, dalam teori dikatakan bahwa semakin tinggi tingkat manfaat dan kemudahan maka akan menjadikan minat menggunakan mobile banking menjadi meningkat. Tetapi pada kenyataannya tingkat manfaat dan kemudahan yang ada di fitur mobile banking BSI tidak menjadikan nasabah berminat untuk menggunakan mobile banking BSI karena ada faktor lain yang menyebabkan hal tersebut, yaitu kurangnya kepuasan dari dalam diri terhadap mobile banking BSI. Rumusan masalah penelitian ini bermaksud untuk meneliti apakah manfaat dan kemudahan secara parsial dan simultan berpengaruh terhadap sikap penggunaan mobile banking, Apakah manfaat dan kemudahan berpengaruh secara parsial dan simultan terhadap sikap penggunaan, Apakah sikap dapat memediasi antara manfaat dan kemudahan terhadap minat penggunaan mobile banking.
Jenis penelitian ini penelitian kuantitatif. Dengan populasi 3.140 responden nasabah BSI KCP Ponorogo dan sampel sebanyak 100 responden. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuesioner. Analisis data yang digunakan adalah uji asumsi klasik, analisis regresi linier sederhana dan berganda, uji ketepatan model, uji hipotesis dan analisis jalur (path analysis).
Hasil penelitian menunjukkan variabel manfaat secara parsial berpengaruh negatif terhadap minat penggunaan sebesar 0,046 kemudahan tidak berpengaruh positif terhadap minat sebesar 0,117 manfaat, kemudahan dan minat penggunaan secara parsial berpengaruh positif terhadap minat menggunakan mobile banking dengan masing-masing nilai sebesar 0,047, 0,050 dan 0,247, manfaat dan minat menggunakan mobile banking secara simultan berpengaruh terhadap sikap sebesar 24,900 manfaat, kemudahan dan minat secara simultan berpengaruh terhadap minat menggunakan mobile banking sebesar 1587,40, sikap mampu memediasi hubungan antara manfaat 0,112 > 0,047, kemudahan terhadap minat menggunakan mobile banking sikap tidak mampu memediasi hubungan antara manfaat, kemudahan terhadap minat menggunakan mobile banking 0,017 < 0,119.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:41
Last Modified: 25 Nov 2021 02:42
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16898

Actions (login required)

View Item View Item