Konsep Pembangunan Ekonomi (Telaah Pemikiran M. Umer Chapra Dan KH. Ma'ruf Amin

Mukhlis, Miftahul (2021) Konsep Pembangunan Ekonomi (Telaah Pemikiran M. Umer Chapra Dan KH. Ma'ruf Amin. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717076_Miftahul Mukhlis_Ekonomi Syariah.pdf

Download (981kB) | Preview

Abstract

Mukhlis, Miftahul. 2021. Konsep Pembangunan Ekonomi (Telaah Pemikiran M. Umer Chapra dan KH. Ma’ruf Amin). Skripsi, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Jurusan Ekonomi Syariah.
Kata kunci: Pembangunan Ekonomi Islam, M. Umer Chapra, KH. Ma’ruf Amin.
Bangkitnya para pemikiran ekonomi Islam terkhusus dalam pembangunan ekonomi sudah mendapat reaksi positif yang berguna untuk melakukan inisiatif pengembangan dan penyempurnaan sistem ekonomi Islam. Dalam melakukan pengembangan dan penyempurnaan, dibutuhkan sebuah pengkajian ulang dengan menelaah pemikiran dari tokoh ekonomi Islam. Maka dalam hal ini, peneliti ingin menelaah pemikiran pembangunan ekonomi M. Umer Chapra dan KH. Ma’ruf Amin. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemikiran pembangunan ekonomi M. Umer Chapra, KH. Ma’ruf Amin, persamaan dan perbedaan, serta relevansinya pemikiran kedua tokoh dengan pembangunan ekonomi di Indonesia.
Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan data dan analisis kualitatif melalui deskripsi dan analisis objek penelitian melalui membaca dan menelaah karya tokoh atau pemikiran tokoh serta sumber lain yang berkaitan dengan topik, yang kemudian dianalisis dan diambil kesimpulan. Skripsi ini memakai konten analisis dan sebuah metode komparasi.
Selanjutnya, terkait pemikiran pembangunan ekonomi yang digagas oleh M. Umer Chapra memandang suatu pembangunan ekonomi harus ada pembangunan moral individu, adanya peran pemerintah, pembagian kekayaan dan pemerataan, budaya menabung dan investasi tinggi, support positif peran negara serta motivasi sangat penting. Sedangkan KH. Ma’ruf Amin mempunyai tiga pandangan (ekonomi keadilan, ekonomi keumatan dan ekonomi berkemandirian). Selain itu upaya pemberian akses modal, peningkatan kompetensi dan kapabilitas, serta perluasan akses pasar. Kedua tokoh mempunyai kesamaan pandangan etika, moral, akhlak sebagai pondasi pembangunan. Keadilan sebagai cita-cita pembangunan ekonomi dan upaya pemerataan, serta peran negara melalui kebijakan dan pendidikan kepada kepentingan masyarakat. Namun penekanan dan cara-cara yang dilakukan oleh kedua tokoh memiliki perbedaan. Secara substansi pemikiran kedua tokoh tersebut relevan dengan cita-cita pembangunan ekonomi di Indonesia. Di Indonesia pembangunan yang dilakukan dengan berdasar pada landasan dasar negara yaitu pancasila.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Aji Damanuri
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:09
Last Modified: 25 Nov 2021 03:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16878

Actions (login required)

View Item View Item