Analisis Pendampingan Nasabah UMKM Pada BSI KCP Magetan

Solikah, Fadilah Eka Nur (2021) Analisis Pendampingan Nasabah UMKM Pada BSI KCP Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
skripsi fadilah 210815132 jadi bos-dikonversi.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Eka Nur Solikah, Fadilah, 2021, Analisis Peranan Pendampingan MIKRO Terhadap Pengembangan Usaha Nasabah UMKM Studi Pada BSI Syariah Magetan, Skripsi, Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Unun Roudlotul Janah, M.Ag.
Kata Kunci: Pendampingan MIKRO, Usaha Nasabah UMKM
Penelitian dalam skripsi ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi pada Bank BSI Syariah KCP Magetan mengenai analisis Peranan Pendampingan mikro terhadap pengembangan usaha nasabah. Peminat produk pembiayaan mikro dikalangan masyarakat semakin bertambah, namun dalam kegiatan pembiayaan KUR masih ada nasabah yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan usaha. Dengan rumusan masalah (1) Bagaimana keadaan nasabah sebelum dilaksanakan pendampingan pada BSI KCP Magetan? (2) Bagaimana pendampingan yang dilakukan BSI Syariah KCP Magetan pada nasabah pembiayaan KUR? (3) Bagaimana dampak pendampingan yang dilakukan BSI Syariah KCP Magetan terhadap pengembangan usaha nasabah UMKM?
Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (Field Research) karena penelitian dalam melakukan pencarian data serta pengumpulan datanya dilakukan ditempat terjadinya fenomena atau kasus tertentu terjadi. Penelitianmenggunakan pendekatan kualiatif, karena penelitian ini menghasilkan data atau kata-kata tertulis maupun lisan dari orang-orang yang wawancarai maupun diamati.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan bahwa pendampingan yang dilakukan BSI Syariah Magetan dalam mengembangkan usaha dan kemauan bayar angsuran tepat waktu adalah dengan mengelompokan nasabah sesuai dengan masalah yang dialami dan membagi nasabah menjadi empat bagian nasabah yang mau dan mampu membayar, nasabah yang tidak mampu dan mau membayar, nasabah yang mampu dan tidak mau bayar, nasabah yang tidak mampu dan mau membayar semua ada sistem pendampingan masing-masing. Dampak dari pendampingan yang dilakukan usaha nasabah mengalami perkembangan sehingga nasabah tidak kesulitan lagi dalam membayar angsuran karena usahanya sudah berkembang, nasabah lebih mudah dengan adanya fasilitas-fasilitas yang diajarkan dalam pemasaran usahanya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Unun Roudlotul Janah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 03:25
Last Modified: 25 Nov 2021 03:25
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16876

Actions (login required)

View Item View Item