Tinjauan Etika Kerja Islam Terhadap Sistem Kerja Buruh Bangunan Di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo

Al-Azis, Genta Firman (2021) Tinjauan Etika Kerja Islam Terhadap Sistem Kerja Buruh Bangunan Di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI-GENTA FIRMAN AL-AZIS.ETHESES IAIN PONOROGO.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Al-azis, Genta Firman, 2021. Tinjauan Etika Kerja Islam Terhadap Sistem Kerja Buruh Bangunan Di Desa Caluk Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Hj. Rohmah Maulidia, M.Ag.
Kata Kunci/Keyword: Etika Kerja Islam, Sistem Kerja Buruh Bangunan, Ijarah
Etika kerja Islam diartikan sebagai sebuah konsep kerja dengan berdasarkan pada Al-Qur’an yang praktiknya dicontohkan oleh Nabi Muhammad Saw. Dalam konsep etika kerja Islam seorang muslim harus selalu memperhatikan dimensi ukhrawi dan duniawi, di mana hal tersebut terwujud dalam prinsip-prinsip etika kerja Islam, dan setiap muslim berkewajiban untuk menerapkannya dalam melakukan pekerjaan, tidak terkecuali pada sistem kerja buruh bangunan. Sistem kerja buruh bangunan adalah sebuah gambaran kerja buruh bangunan dari awal hingga akhir, yang mencangkup proses akad dan proses kerjanya. Sistem kerja ini tergolong akad ijarah atas pekerjaan yang dilakukan atau akan dilakukan. Ijarah sendiri mempunyai arti sebagai aktivitas akad untuk mengambil manfaat sesuatu yang diterima dari orang lain dengan jalan membayar sesuai perjanjian yang telah ditentukan dengan syarat-syarat tertentu.
Berpijak pada latar belakang di atas penulis tertarik untuk menganlisanya dalam tugas akhir dengan rumusan masalah yaitu: (1) Bagaimana tinjauan etika kerja Islam terhadap pelaksanaan akad dalam sistem kerja buruh bangunan di Desa Caluk Kecamatan Slahung Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan etika kerja Islam terhadap praktik kerja buruh buruh bangunan di Desa Caluk Kecamatan Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian yang dilakukan adalah penelitian lapangan yang dilaksanakan di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo dengan menggunakan metode kualitatif, sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan melakukan wawancara dan observasi. Analisis yang digunakan adalah metode Miles dan Hubermen yang meliputi pengumpulan data, reduksi data, paparan data dan verivikasi. Dalam melakukan pengecekan keabsahan data penulis menggunakan metode triangulasi.
Berdasarkan penelitian yang penulis lakukan dapat disimpulkan bahwa prinsip etika kerja Islam pada pelaksanaan akad ijarah dalam praktik kerja buruh bangunan di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo belum berjalan dengan baik karena ada beberapa rukun ijarah yang tidak terpenuhi. Selain itu prinsip etika kerja Islam pada praktik kerja buruh di Desa Caluk, Kecamatan Slahung, Kabupaten Ponorogo juga belum terlaksana dengan baik. Hal tersebut dikarenakan prinsip menghindarkan diri dari perbuatan yang merugikan orang lain, atau merusak lingkungan, prinsip bekerja dengan cara yang halal, prinsip keterkaitan dengan kerja yang menjadi tanggung jawabnya, dan prinsip profesional belum dilaksanakan dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: ROHMAH MAULIDIA
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:17
Last Modified: 25 Nov 2021 02:17
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item