Tinjauan Etika Pengupahan Islam Pada Usaha Penambangan Pasir Di Desa Getas Kecamatan Cepu Jawa Tengah

Saputri, Agustina Dwi (2021) Tinjauan Etika Pengupahan Islam Pada Usaha Penambangan Pasir Di Desa Getas Kecamatan Cepu Jawa Tengah. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717143_Agustina Dwi Saputri_Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Saputri, Agustina. Dwi, 2021. Tinjauan Etika Pengupahan Islam Pada Usaha Penambangan Pasir di Desa Getas Kecamatan Cepu Jawa Tengah¬. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Faruq Ahmad Futaqi, SE.,M.E.

Kata Kunci: Pengupahan, Kesejahteraan Karyawan,Ekonomi Islam

Upah dalam konsep islam adalah imbalan yang diterima seseorang atas pekerjaannya dalam bentuk imbalan materi di dunia (adil dan layak) dan dalam bentuk imbalan pahala di akhirat (imbalan yang lebih baik). Pemberian upah dalam bekerja merupakan unsur penting yang berpengaruh terhadap kehidupan pekerja, karena upah pekerja merupakan sumber pendapatan untuk memenuhi kebutuhan hidup pekerja dan keluarganya, baik berupa sandang, pangan, maupun kebutuhan lainnya. Oleh karena itulah upah erat kaitannya dengan kesejahteraan para pekerja.
Adapun rumusan masalahnya yaitu bagaimana sistem pengupahan pekerja penambang pasir di Desa Getass Cepu Jawa Tengah ditinjau dalam Ekonomi islam? dan bagaimana peran pengupahan harian dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan penambang pasir di Desa Getas Cepu Jawa Tengah?
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menjelaskan dan menganalisis sistem pengupahan penambang pasir jika ditinjau ekonomi islam di Desa Getas Cepu Jawa Tengah dan untuk mengetahui dan menganalisis peran upah karyawan dengan sistem harian dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan penambang pasir di Desa Getas Cepu Jawa Tengah. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, Sistem pengupahan penambang pasir jika ditinjau ekonomi islam masih belum cukup sesuai. Hal ini dikarenakan 1) Belum ada keputusan dari pihak mandor untuk menaikan gaji pekerja 2) Tidak diberikan transportasi antar jemput buruh atau biaya transport 3) Tidak diberikan jaminan kesehatan untuk para buruh. 4) Belum ada jaminan hari tua. Peran pengupahan harian dalam meningkatkan kesejahteraan karyawan penambang pasir sangat berperan, hal ini dikarenakan upah yang diterima oleh para pekerja dapat mencukupi kebutuhan pokok (sandang, pangan, papan) pekerja, pendidikan anak, kesehatan, dan dapat mencukupi untuk membeli barang-barang rumah tangga serta dapat digunakan untuk kebutuhan yang lainnya. Kesejahteraan ini meliputi 5 indikator antara lain: a) Meningkatkan kualitas beribadah kepada Allah, b) Meningkat etos kerja. c) Selalu mengaitkan pekerjaan yang dilakukannya dengan keimanan kepada Allah Swt. d). Meningkatkan kualitas pengetahuan terhadap hal-hal yang menjadi tugas dan pekerjaanya sehingga pekerjaan tersebut betul-betul berdasarkan pengetahuan dan keterampilan yang memadai. e) Berusaha mencari rizki yang halal.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Faruq Ahmad Futaqi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:16
Last Modified: 25 Nov 2021 02:16
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16867

Actions (login required)

View Item View Item