Analisis Efektivitas Pelatihan Pada Staff Financing Di Bank Muamalat KC Kediri

Nugroho, Muhammad David (2021) Analisis Efektivitas Pelatihan Pada Staff Financing Di Bank Muamalat KC Kediri. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210817157_Muhammad David Nugroho.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Nugroho, Muhammad David. Analisis Efektivitas Pelatihan pada Staff Financing di Bank Muamalat KC Kediri. Skripsi 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Husna Ni’matul Ulya, M.E.Sy.
Kata Kunci: Efektivitas, Pelatihan.
Pelatihan merupakan setiap usaha memperbaiki performansi pekerjaan pada suatu pekerjaan tertentu yang sedang menjadi tanggung jawabnya atau satu pekerjaan yang ada kaitannya dengan pekerjaannya. Tujuan sebuah peusahaan mengadakan pelatihan agar para karyawan lebih produktif lagi terkait pekerjaannya dan memiliki kualitas yang lebih baik, disertai dengankeahlian yang lebih dan semakin inovatif dalam berkarya. Bank Muamalat KC Kediri melakukan pelatihan kepada staff financing yang bermateri tentang berhubungan dengan nasabah dari berinteraksi dengan nasabah dan menganalisis nasabah yang akan melakukan pembiayaan.
Pembiayaan yang dilakukan oleh nasabah melalui proses yang panjang dan analisis yang seksama hal ini dilakukan untuk mengurangi resiko keuangan. Akan tetapi kenyataannya masih terjadi masalah seperti adanya kredit macet yang salah satu faktor nya adalah faktor internal. Faktor internal itu sendiri terjadi karena kurang telitinya staff financing dalam menganalisis keuangan dan karakter dari nasabah yang akan melakukan pembiayaan. Maka diperlukan pelatihan untuk staff financing agar memiliki pemahaman tentang sistem dan operasional syariah yang nantinya dapat mengurangi resiko kesalahan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah bagaiman pelaksanaan pelatihan pada staff financing di bank Muamalat KC Kediri, Bagaimana kendala pelaksanaan pelatihan pada staff financing di bank Muamalt KC Kediri, dan bagaimana dampak pelatihan terhadap kinerja staff financing di bank Muamalat KC Kediri.
Penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan data yang digunakan berasal dari hasil wawancara dengan pihak Bank Muamalat KC Kediri. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, penelitian ini digunakan untuk memberikan gambaran yang lebih jelas tentang situasi sosial. Penelitian kualitatif adalah penelitian yang mengedepankan pengumpulan data pengumpulan data atau realita persoalan.
Hasil penelitian ini adalah pelatihan yang dilakukan dengan penyampaian materi dan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Pelaksaan oelatihan efektif dilakukan karena terdapat sesi tanya jawab sehingga peserta yang belum paham dapat dijelaskan secara langsung. Kendala dari pelatihan adalah dari peserta, pelatih, fasilitas pelatihan dan dana pelatihan. Dari kendala tersebut pelatihan belum efektif dilakukan. Dampak dari pelatihan adalah staff financing diharapkan mampu menjalankan tugas dan tanggung jawabnya. Akan tetapi terdapat tujuan pelatihan yang belum tercapai yaitu menganalisis nasabah dan menilai karakter dari nasabah yang akan melakukan pembiayaan. Hal ini dapat dikatakan pelatihan belum efektif dilakukan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Husna Ni'matul Ulya
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:15
Last Modified: 25 Nov 2021 02:15
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16865

Actions (login required)

View Item View Item