Efektivitas Program BAZNAS "Sedekah Sedino Sewu" di Kelurahan Oro Oro Ombo Madiun

Rahmawati, Bella (2021) Efektivitas Program BAZNAS "Sedekah Sedino Sewu" di Kelurahan Oro Oro Ombo Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
211617020_BELLA RAHMAWATI_MANAJEMEN ZAKAT DAN WAKAF.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Rahmawati, Bella. Efektivitas Program BAZNAS "Sedekah Sedino Sewu" di Kelurahan Oro-Oro Ombo Madiun. Skripsi. 2021. Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf (MAZAWA), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Institut Agama Islam Negeri Ponorogo. Pembimbing Muchtim Humaidi, M.IRKH.
Kata Kunci : Efektivitas, BAZNAS, Sedekah
Bersedekah merupakan salah satu anjuran bagi umat Islam, sehingga semestinya masyarakat antusias dan percaya dalam menjalankannya. Menurut Subagyo berpendapat bahwa tolak ukur efektivitas ketepatan sasaran, sosialisasi program, pencapaian tujuan, dan pengawasan. Dengan begitu, efektivitas program sedekah yang dilakukan oleh badan pemerintah idealnya dapat dibangun melalui antusias dari masyarakat. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh terhadap efektivitas salah satu program BAZNAS Kota Madiun serta faktor pendukung dan penghambat. Objek penelitian adalah program Sedekah Sedino Sewu wilayah Kelurahan Oro Oro Ombo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun.
Penelitian dilakukan penelitian lapangan dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan relawan, masyarakat, serta perwakilan pelaksana program. Selanjutnya, peneliti meninjau riwayat realisasi program melalui sumber lain, seperti buletin bulanan dan website resmi BAZNAS Kota Madiun, serta berbagai literatur terkait fundraising, sedekah, dan sebagainya. Bentuk program sedekah harian tersebut sangat unik dibanding program amal pada umumnya. Namun, inovasi ini belum sepenuhnya berjalan sesuai tujuan yang diharapkan. Hal ini menjadi daya tarik untuk diteliti efektivitasnya terkait dengan program sedekah sedino sewu.
Hasil kajian penelitian menunjukkan bahwa Sedekah Sedino Sewu kurang efektif sebagai akibat dari faktor penghambat berjalannya program tersebut. Salah satu faktor penyebabnya yaitu kurang optimalnya sosialisasi yang dilakukan oleh relawan kepada masyarakat. Beberapa hal dapat dilakukan oleh BAZNAS Kota Madiun untuk menaikkan tingkat efektivitas program demi tercapainya tujuan yang diharapkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: NUCHTIM HUMAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:14
Last Modified: 25 Nov 2021 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16862

Actions (login required)

View Item View Item