Pesan Moral Dalam Film Pendek Rumah Kos Ibu Mira (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce)

Ningrum, Fariska Khomsatul Wahyu Kusuma (2021) Pesan Moral Dalam Film Pendek Rumah Kos Ibu Mira (Analisis Semiotika Charles Sanders Peirce). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Fariska Khomsatul Wahyu - Pesan Moral Dalam Film Pendek Rumah Kos Ibu Mira (Semiotika Charles Sanders Peirce).pdf

Download (2MB) | Preview

Abstract

Ningrum, Fariska Khomsatul Wahyu Kusuma. 2021. Pesan Moral Dalam Film Pendek Rumah Kos Ibu Mira. Skripsi. Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Dr. Iswahyudi, M.Ag.
Kata Kunci: Pesan Moral, Film, Semiotika Charles Sandres Peirce
Salah satu pemanfaatan media massa untuk menyampaikan pesan kepada khalayak yaitu melalui film. Di antara film yang menyampaikan pesan-pesan yang bagus adalah Film pendek Rumah Kos Ibu Mira. Film Rumah Kos Ibu Mira mengandung banyak pesan moral yang ingin disampaikan, yang berhubungan dengan masalah yang sering dialami dalam kehidupan keluarga. Namun sayangnya belum ada yang menelitinya. Film ini berdurasi pendek, namun padat akan pesan yang disampaikan. Hampir disetiap adegan yang ditampilkan dalam film memiliki makna dan pesan yang ingin dimunculkan oleh sutradara. Film yang berdurasi 19 menit 11 detik ini sudah ditonton sebanyak 1,3 Juta penonton di youtube WardahBeauty.
Untuk mengetahui pesan moral yang ada pada film tersebut, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut: (1) Bagaimana tanda yang ditampilkan dalam film pendek Rumah Kos Ibu Mira? (2) Bagaimana objek yang ditampilkan dalam film pendek Rumah Kos Ibu Mira? (3) Bagaimana interpretan yang ditampilkan dalam film pendek Rumah Kos Ibu Mira? (4) Bagaimana pesan moral yang terkandung dalam film pendek Rumah Kos Ibu Mira?. Metode yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah metode kualititatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa dokumentasi dan studi pustaka. Teknik analisis penelitian yang peneliti gunakan adalah analisis semiotika Charles Sanders Peirce yang membagi pokok pembahasan menjadi tanda, objek dan interpretan. Peneliti melakukan analisis terhadap pemilihan teks dan gambar yang berhubungan dengan pesan moral.
Dalam penelitian ini didapatkan kesimpulan bahwa film pendek Rumah Kos Ibu Mira mengandung 12 adegan berupa pesan moral. Dari 12 adegan tersebut, tanda yang tampak berupa Tanda yang terdapat pada film Rumah Kos Ibu Mira berupa qualisign terdapat pada adegan 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 9, dan adegan 10, sinsign terdapat pada adegan 12 dan legisign terdapat pada adegan 7 dan adegan 11, objek yang terdapat pada film Rumah Kos Ibu Mira berupa indeks semuanya dan interpretan yang terdapat pada film Rumah Kos Ibu Mira berupa rheme semuanya. Pesan moral yang terdapat pada film Rumah Kos Ibu Mira adalah toleransi, menghormati orang tua, menghargai privasi, kepedulian, saling mengingatkan, bermusyawarah, bersimpati, saling tolong menolong, tidak egois, kesabaran, saling menasihati, dan berani meminta maaf.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iswahyudi
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:14
Last Modified: 25 Nov 2021 02:14
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16861

Actions (login required)

View Item View Item