IMPLEMENTASI MAHALLUL QIYAM UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA MASUK KELAS TEPAT WAKTU

Syafi’i, Ikhsan (2021) IMPLEMENTASI MAHALLUL QIYAM UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA MASUK KELAS TEPAT WAKTU. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
IKHSAN SYAFI'I-IMPLEMENTASI MAHALLUL QIYAM UNTUK MENINGKATKAN DISIPLIN SISWA MASUK KELAS TEPAT WAKTU.pdf

Download (6MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK Syafi’i, Ikhsan, 2021. Implementasi Mahallul Qiyam untuk Meningkatkan Disiplin Siswa Masuk Kelas Tepat Waktu. Study Kasus di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo.Skripsi: Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Mohammad Rozi Indrafuddin. M. Fil.I. Kata Kunci : Mahallul Qiyam, Stimulus Respon, Disiplin Siswa. Latar belakang penelitian ini adalah bahwa adanya ketertarikan terhadap fenomena Mahallul qiyam yang ada di Madrasah Tsanawiyah Darul Huda Mayak. Terutama dalam mendisiplinkan siswa masuk kelas tepat waktunya di madrasah. Mahallul qiyam (saatnya berdiri) pada saat pelafadzan sholawat sudah menjadi tradisi kita, termasuk hormat bendera untuk menghormati bendera Merah Putih dan untuk menghormati para pejuang bangsa. Demikian pula dengan berdiri ketika membaca shalawat. Itu adalah salah satu bentuk penghormatan kepada Nabi Muhammad SAW sebagai hamba Allah yang paling mulia. Hal ini diajarkan di madrasah. Tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan mahallul qiyam untuk disiplin siswa masuk kelas tepat waktunya di madrasah 2) Mendeskripsikan bagaimana dampak mahallul qiyam dalam meningkatkan disiplin siswa. Penelitian ini dilakukan di Madrasah Tsanawiyah (MTs) Darul Huda Mayak Tonatan Ponorogo dengan Teory Behavior. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif untuk menjelaskan Implementasi mahallul qiyam untuk meningkatkan disiplin siswa masuk kelas tepat waktu. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tiga tahap yaitu reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan mahallul qiyam untuk meningkatkan disiplin siswa terbagi dalam dua tahap yakni: penerapan itu sendiri serta dampaknya. Manfaat penerapan mahallul qiyam untuk meningkatkan disiplin siswa yaitu mengetahui tingkat keterlambatan siswa serta berbenah untuk meningkatkan disiplin itu sendiri dan juga menanamkan nilai-niai positif berupa pembiasaan pembacaan sholawat setiap harinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: MOHAMMAD ROZI INDRAFUDDIN
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2299 Other Philosophy and Religious Studies > 229999 Philosophy and Religious Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Dakwah > Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:13
Last Modified: 25 Nov 2021 02:13
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16860

Actions (login required)

View Item View Item