..(BLM SESUAI KAIDAH, INFORMASI SELENGKAPNYA ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN KOMPILASI HUKUM ISLAM TERHADAP HADANAH OLEH WALI ASUH DI DESA NGINDENG KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO

Fika Hayuhana, Nur (2021) ..(BLM SESUAI KAIDAH, INFORMASI SELENGKAPNYA ADA DI WEBSITE PERPUSTAKAAN, UPLOAD ULANG)..TINJAUAN KOMPILASI HUKUM ISLAM TERHADAP HADANAH OLEH WALI ASUH DI DESA NGINDENG KECAMATAN SAWOO KABUPATEN PONOROGO. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
upload e-thesis atau e-skripsi-dikonversi.pdf

Download (395kB)

Abstract

Beberapa orang tua tunggal yang berada di Desa Ngindeng Kecamtan Sawoo Kabupaten Ponorogo menitipkan hak hadanahnya kepada orang lain atau kerabat terdekat. Salah satu indikatornya adalah mencari nafkah pada lingkungan yang jauh dari anak. Dalam Kompilasi Hukum Islam Hadanah merupakan kegiatan mengasuh, memelihara, dan mendidik anak hingga dewasa atau mampu berdiri sendiri.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana akibat tidak terpenuhinya hadanah oleh wali asuh di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan Kompilasi Hukum Islam mengenai pemenuhan hak-hak anak dalam hadanah oleh orang tua tunggal di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis yang digunakan menggunakan metode deduktif yaitu pembahasan yang diawali dengan mengemukakan kaidah-kaidah Hukum Islam yang bersifat umum dan selanjutnya dikemukakan kenyataan yang bersifat khusus.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dari kegiatan hadanah oleh wali asuh yang ada di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo terdapat dua dampak yakni negatif dan juga dampak positif, yaitu terpenuhinya hak anak dalam hal nafkah atau materi sedang untuk dampak negatif anak tidak menapatkan hak yang berupa kasih sayang, pendidikan, pengawasan dari orang tuanya secara langsung. Dari penelitian ini pula disimpulkan bahwa pemenuhan hak-hak anak dalam hadanah oleh wali asuh yang terjadi di Desa Ngindeng Kecamatan Sawoo Kabupaten Ponorogo belum bisa dikatakan sesuai dengan aturan dalam Kompilasi Hukum Islam atau belum terpenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Yudhi Achmad Bashori
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan al-Ahwal al-Syakhshiyyah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:12
Last Modified: 25 Nov 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16857

Actions (login required)

View Item View Item