Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Perlombaan Pemancingan Sistem Galatama Di Pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo

Afrianti, Devi (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Perlombaan Pemancingan Sistem Galatama Di Pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Devi Afrianti-21021796-Hukum Ekonomi Syariah.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Afrianti, Devi. 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Perlombaan Pemancingan Sistem Galatama di Pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo, Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah (Muamalah) Fakultas Syariah Institus Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Farida Sekti Pahlevi, M. Hum.
Kata Kunci: Perlombaan (Musabaqah),Maysir.
Di era modern seperti saat ini terdapat banyak pilihan perlombaan perlombaan atau musabaqah adalah suatu kegiatan yang berisi persaingan untuk berusaha mendahului orang lain dalam suatu hal. Seperti yang terdapat pada perlombaan pemancingan sistem galatama di pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo. Perlombaan sistem galatama merupakan suatu jenis perlombaan kompetisi dimana setiap peserta yang akan mengikuti lomba dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp. 30.000,00. Kolam beserta ikan digunakan sebagai media perlombaan berhadiah dan pada akhir perlombaan terdapat tiga juara yang mendapatkan hadiah dengan kategori setiap peserta memperoleh ikan dengan bobot terberat.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad perlombaan pemancingan sistem galatama di pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap hadiah perlombaan pemancingan sistem galatama di pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo?
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan dengan menggunakan metode kualitatif. Teknis pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis data induktif, yakni proses berfikir dan fakta empiris yang didapat di lapangan kemudian data tersebut dianalisis dan berakhir dengan kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) akad perlombaan pemancingan sistem galatama di pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo belum sesuai dengan hukum Islam, dikarenakan tidak memenuhi salah satu syarat musabaqah, objek yang diperlombakan dirasa kurang efiktif. Dimana ikan yang digunakan tidak diketahui secara nyata dan jelas dari segi kualitas dan kwantitasnya oleh pemancing. (2) Hadiah pada perlombaan pemancingan sistem galatama di pemancingan Depok City Desa Ngrupit Kecamatan Jenangan Kabupaten Ponorogo belum sesuai dengan hukum Islam, dikarenakan hadiah perlombaan terindikasi mengandung unsur maysir karena hadiah diperoleh dari seluruh kumpulan uang peserta tanpa adanya pihak ketiga.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Farida Sekti Pahlevi
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:09
Last Modified: 25 Nov 2021 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16856

Actions (login required)

View Item View Item