..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pola Penyelesaian Ganti Rugi Dalam Perspektif Teori Daman Dan Ta'wid Pada Persewaan Alat Pesta(Studi Kasus Di Persewaan Putra Asih Ponorogo)

Wijaksono, Buyung Verdian (2021) ..(GUNAKAN TTD ASLI BUKAN SCAN PADA LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Pola Penyelesaian Ganti Rugi Dalam Perspektif Teori Daman Dan Ta'wid Pada Persewaan Alat Pesta(Studi Kasus Di Persewaan Putra Asih Ponorogo). Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img] Text
Dokumen dari Buyung verdi

Download (1MB)

Abstract

Akad yang sudah tercipta secara sah menurut ketentuan hukum itu tidak dilaksanakan isinya oleh pelanggan atau dilaksanakan, tetapi tidak sebagaimana mestinya (ada kealpaan), maka terjadilah kesalahan di pihak pelanggan tersebut, baik kesalahan itu karena kesengajaan untuk tidak melaksanakannya maupun karena kelalaiannya. Dalam kasus sewa menyewa pihak Putra Asih, ada perjanjian yang memuat penentuan harga yang akan disewakan serta syarat yang diajukan oleh pihak pemilik terhadap si penyewa, adapun syarat tersebut barang harus dalam kondisi utuh dan tidak rusak sama sekali kemudian barang sewaanya menjadi tanggung jawab pihak penyewa sesuai dengan akad. Jika penyewa melakukan perusakan atas barang, menghilangkan barang sewaan, pihak yang menyewakan barang akan memberikan konsekuensi tersendiri kepada penyewa atas ganti rugi yang sudah dilakukan sesuai dengan kesepakatan.
Rumusan masalah yang diangkat berdasarkan latar belakang diatas adalah:
1. Bagaimana tinjauan teori daman terhadap tanggungjawab pemilik dan penyewa barang terkait tingkat kerusakan barang di Putra Asih Ponorogo?
2. Bagaimana tinjauan teori ta’wid terhadap penyelesaian ganti rugi di Putra Asih Ponorogo?
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Analisis data yang dilakukan dalam penelitian menggunakan analisis induktif, yaitu metode berfikir yang berangkat dalam fakta-fakta pengamatan menuju pada teori daman dan ta’wid.
Hasil analisis dapat ditarik kesimpulan bahwa dalam tanggungjawab barang akan sah bila pihak penyewa melaksanakan dan merawat dengan baik barang sewaan tersebut dalam pelaksanaan tanggungjawab barang di Putra Asih Ponorogo terdapat penyewa dengan ceroboh merusak serta menghilangkan peralatan pesta tersebut. Dalam penyelesaian ganti rugi atas tanggungjawab kerusakan barang dengan keceroboh oleh penyewa di Putra Asih Ponorogo sudah sesuai dengan ganti rugi yakni dengan menggantinya, namun terdapat tenggat waktu pengembalian yang melebihi perjanjian. Sehingga dalam tanggungjawab dan penyelesaian ganti rugi belum sesuai dalam teori daman dan ta’wid.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Novi Fitia Maliha
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:10
Last Modified: 25 Nov 2021 02:10
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16855

Actions (login required)

View Item View Item