...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Buket Bunga Dengan Sistem Pesanan Di Kios Bunga AFM Pasar Sleko Madiun

Larasati, Astin Fitria (2021) ...(LENGKAPI LEMBAR PERSETUJUAN PUBLIKASI, UPLOAD ULANG)...Tinjauan Hukum Islam Terhadap Praktik Jual Beli Buket Bunga Dengan Sistem Pesanan Di Kios Bunga AFM Pasar Sleko Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
ASTIN FITRIA- 210217091- HES.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Larasati, Astin Fitria, 2021, Tinjauan Hukum Islam terhadap Praktik Jual Beli Buket Bunga Dengan Sistem Pesanan di Kios Bunga AFM Pasar Sleko Madiun, Skripsi, Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing Isnatin Ulfah, M.H.I.
Kata Kunci : Pemesanan, Bunga Buket, istis}na>’

Transaksi jual beli merupakan suatu perjanjian tukar-menukar benda atau barang yang mempunyai nilai secara sukarela di antara kedua belah pihak, salah satunya jual beli dengan sistem pesanan, jual beli seperti ini dalam hukum Islam dinamakan istis}na>’. Jual beli istis}na>’ mempunyai peranan penting dalam menggairahkan aktivitas produksi dan membangkitkan ekonomi Islam, seperti halnya dengan jual beli pesanan buket bunga di kios bunga AFM Pasar Sleko Madiun, dalam praktiknya pihak kios terkadang melakukan penambahan harga di akhir pengambilan pesanan tanpa sepengetahuan pihak konsumen, mengubah kualitas dan waktu pengambilan. Hal ini tidak sesuai dengan perjanjian di awal. Hal tersebut menjadi kegelisahan penulis sehingga melakukan penelitian ini.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah : (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad dalam jual beli buket bunga dengan sistem pesanan di kios bunga AFM Pasar Sleko Madiun? (2) Bagaimana tinjuan hukum Islam terhadap wanprestasi dalam jual beli buket bunga dengan sistem pesanan di kios Bunga AFM Pasar Sleko Madiun?
Adapun jenis penelitian yang dilakukan penulis merupakan penelitian lapangan yang menggunakan metode kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah menggunakan observasi dan wawancara. Analisis yang digunakan adalah metode induktif yaitu metode yang menekankan pada pengamatan terdahulu, kemudian menarik kesimpulan berdasarkan pengamatan tersebut.
Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tinjauan hukum Islam terhadap praktik jual beli buket bunga dengan sistem pesanan di kios bunga AFM Pasar Sleko Madiun sudah sesuai dengan akad istis}na>’ karena dalam jual beli tersebut telah memenuhi rukun dan syarat dari istis}na>’ yang meliputi a>qidain, shi>gat, dan ma’qu>d alaih menurut pendapat H{anafi>, Ma>liki>, dan H{ana>bilah, tetapi belum sesuai menurut pendapat Sha>fi’i> karena pihak yang bertransaksi harus dalam satu majelis. Namun ketika akad telah dilaksanakan terdapat wanprestasi yang dilakukan kedua belah pihak, di mana penjual memberikan tambahan harga kepada konsumen pada saat melakukan pengambilan pesanan, dan buket yang dipesan tidak sesuai desain dan kualitas produk. Sedangkan wanprestasi yang dilakukan oleh pembeli membatalkan kontrak tanpa memberikan konfirmasi, hal ini di dukung dengan pendapat H{anafiyah>, Ma>likiyah>, Sha>fi’iyah>, H{ana>bilah.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Isnatin Ulfah
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Tadris Bahasa Inggris
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:12
Last Modified: 25 Nov 2021 02:12
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16849

Actions (login required)

View Item View Item