Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Lahan Pertanian Di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan

Ramadhani, Ayukha Awaliya (2021) Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Lahan Pertanian Di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
UPLOAD NASKAH SKRIPSI.pdf

Download (993kB) | Preview

Abstract

2021
�ABSTRAK
Ramadhani, Ayukha Awaliya, 2021. Tinjauan Hukum Islam Terhadap Kerjasama Lahan Pertanian Di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan. Skripsi. Jurusan Hukum Ekonomi Syariah Fakultas Syariah Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo, Pembimbing Ahmad Syakirin, M.H.
Kata kunci: Tinjauan Hukum Islam, Kerjasama Lahan
Kerjasama lahan pertanian merupakan kerjasama yang dilakukan oleh pemilik lahan dan penggarap dengan sistem bagi hasil yang telah disepakati oleh kedua belah pihak. Kerjasama lahan pertanian ini dipraktikkan oleh Masyarakat Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan dengan ketentuan hasil panen akan dibagi bersama. Kerjasama tersebut masih dilakukan secara ‘urf (adat kebiasaan) dengan cara lisan. Hal ini tidak menutup kemungkinan adanya masalah terkait akad ataupun bagi hasil yang tidak sesuai dengan hukum Islam. Peneliti meneliti apakah praktik kerjasama lahan pertanian di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan sudah sesuai atau belum dengan ketentuan hukum Islam.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap akad kerjasama lahan pertanian di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan? (2) Bagaimana tinjauan hukum Islam terhadap bagi hasil kerjasama lahan pertanian di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan?
Adapun jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Hasil penelitiannya berdasarkan dari penelitian lapangan. Penelitian lapangan pada hakikatnya merupakan metode untuk menemukan secara khusus dan realistis apa yang tengah terjadi ditengah masyarakat. Dalam penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yaitu tata cara penelitian dengan menggunakan pengamatan atau wawancara.Dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) praktik kerjasama lahan pertanian di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan dalam praktiknya melibatkan kedua belah pihak yaitu pemilik dan penggarap lahan. Pemilik lahan menyerahkan lahannya untuk digarap dengan sistem bagi hasil saat panen. Akad tersebut dibolehkan dalam hukum Islam, karena antara pemilk dan penggarap sudah sama-sama sepakat. Walaupun terkadang dalam penentuan jangka waktu sering terjadi ketidakjelasan saat penggarapan lahan.(2) praktik bagi hasil kerjasama lahan pertanian di Desa Trosono Kecamatan Parang Kabupaten Magetan antara pemilik lahan pertanian dan penggarap lahan pertanian belum sesuai dengan hukum Islam, karena dalam penentuan bagi hasil yang didapat dalam menggarap lahan pertanian belum jelas sehingga terdapat unsur gharar pada presentase bagi hasil, Sehingga hal ini menyebabkan salah salah satu pihak merasa dirugikan dalam hal bagi hasil kerjasama lahan pertanian.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ahmad Syakirin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Jurusan Muamalah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:08
Last Modified: 25 Nov 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16848

Actions (login required)

View Item View Item