Pengaruh Brand Equity dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Lokal Air Minum Dalam Kemasan "HOKI 899" Di Kabupaten Melawi

Hanifah, Misbahhul (2021) Pengaruh Brand Equity dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Lokal Air Minum Dalam Kemasan "HOKI 899" Di Kabupaten Melawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN PONOROGO.

[img]
Preview
Text
210717204_Misbahhul Hanifah_Ekonomi Syariah.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Hanifah, Misbahhul. 2021. Pengaruh Brand Equity Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen Produk Lokal Air Minum Dalam Kemasan
“HOKI 899” Di Kabupaten Melawi. Skripsi. Jurusan Ekonomi Syariah, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Ponorogo. Pembimbing : Maulida Nurhidayati, M.Si.

Kata Kunci: Brand Equity, Kepuasan Konsumen, Loyalitas Konsumen.
Persaingan pada industri Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) cukup tinggi, hal ini berkaitan dengan kemampuan masing-masing pelaku bisnis dalam mengelola manajemen pemasaran, agar merek yang dihasilkan memiliki eksistensi di pasaran dan hal ini berpengaruh terhadap loyalitas pelanggan. Adapun permasalahan yang ditemui yaitu diketahui bahwa masyarakat Kabupaten Melawi lebih memilih mengkonsumsi AMDK lokal “HOKI 899” dengan alasan harga lebih terjangkau dan mudah ditemukan, dibandingkan mengkonsumsi produk air minum dalam kemasan (AMDK) yang terkenal secara nasional yang ada seperti Aqua, Nestle Pure Life, Le Mineral, Crystalline, dan Prima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah brand equity berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) “HOKI 899” di Kabupaten Melawi. Untuk mengetahui apakah kepuasan konsumen berpengaruh positif terhadap loyalitas konsumen Air Minum Dalam Kemasan (AMDK) “HOKI 899” di Kabupaten Melawi. Untuk mengetahui variabel manakah yang paling dominan mempengaruhi loyalitas konsumen produk lokal AMDK “HOKI
899”?
Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian lapangan dengan metode kuantitatif, dengan jumlah populasi masyarakat Kabupaten Melawi belum diketahui dan jumlah sampel sebanyak 97 orang. Dalam penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan metode incidental sampling yaitu penentuan sampel secara insidental/kebetulan. Metode pengumpulan data dengan menggunakan wawancara dan angket/kuesioner. Analisis datanya menggunakan analisis Partial Least Square (PLS) dengan tahapan Perancangan Model Struktural (Inner Model), Perancangan Model Pengukuran (Outer Model),dan Evaluasi Model.
Dari analisis data yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa kepuasan konsumen berpengaruh signifikan terhadap loyalitas konsumen, karena memiliki nilai thitung sebesar 2,807 lebih dari nilai t-statistik yaitu 1,96. Brand equity dan kepuasan konsumen berpengaruh terhadap loyalitas konsumen produk AMDK “HOKI 899” sebesar 51,1%, sedangkan sisanya 48,9% dijelaskan oleh variabel lain. Untuk mendapatkan/meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk, CV. Hokindo Jaya Abadi dapat meningkatkan kepuasan konsumen dan brand equity dengan cara memberikan kemudahan dalam pembelian/transaksi, harga yang terjangkau, emosional ketika mereka membeli produk, kualitas pelayanan perusahaan, kualitas produk, meningkatkan efektivitas, perspektif pelanggan yang positif, dan empati dalam pelayanan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Maulida Nurhidayati
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:11
Last Modified: 25 Nov 2021 02:11
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16847

Actions (login required)

View Item View Item