Pembiasaan Shalat Ashar Berjamaah Dalam Meningkatkan Religiusitas Anak TPA An-Nur Desa Boto, Legowetan, Bringin, Ngawi

Wulandari, Linanda (2021) Pembiasaan Shalat Ashar Berjamaah Dalam Meningkatkan Religiusitas Anak TPA An-Nur Desa Boto, Legowetan, Bringin, Ngawi. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
SKRIPSI YUDISIUM_LINANDA WULANDARI_210317221.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Wulandari, Linanda. 2020/2021. Pembiasaan Shalat Ashar Berjamaah Dalam Meningkatkan Religiusitas Anak Didik TPA An-Nur Desa Mboto Legowetan Bringin Ngawi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tabiyah dan Ilmu Keguruan. Pembimbing Fery Diantoro, M.Pd.I.

Kata Kunci: Pembiasaan, Shalat Berjamaah, Religiusitas
Kemajuan ilmu dan teknologi yang semain canggih menimbulkan berbagai macam perubahan pada kehidupan manusia termasuk perubahan dalam tatanan sosial dan moral. Salah satunya adalah kurangnya religiusitas dimensi praktek keagamaan anak seperti, bermain sendiri ketika shalat berjamaah berlangsung dan belum hafalnya bacaan shalat. Maka dari itu pihak TPA mengadakan program baru dalam meningkatkan religiusitas anak didik yaitu melaksanakan pembiasaan shalat ashar berjamaah yang diikuti oleh guru dan anak didik TPA An-Nur Desa Mboto Legowetan Bringin Ngawi.
Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan pembiasaan shalat ashar berjamaah dalam meningkatkan religiusitas anak TPA An- Nur Desa Mboto, Legowetan, Bringin, Ngawi (2) Untuk mengetahui apa saja nilai religius yang meningkat pada anak setelah dibiasakan shalat ashar berjamaah di TPA An-Nur Desa Mboto, Legowetan, Bringin, Ngawi (3) Untuk mengetahui tantangan pembiasaan shalat ashar berjamaah dalam meningkatkan religiusitas anak TPA An-Nur Desa Mboto, Legowetan, Bringin, Ngawi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menurut Miles dan Huberman dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan atau verifikasi.
Hasil penelitian ini adalah (1) Pelaksanaan shalat ashar berjamaah yaitu dilaksanakan ketika sudah memasuki waktu ashar dan anak didik diarahkan untuk wudhu terlebih dahulu, sebelum shalat guru memberi nasehat tentang shalat berjamaah untuk imam shalat diimami oleh anak didik laki-laki kategori Al-Qur’an dan ketika shalat sudah selesai anak dilarang bubar terlebih dahulu karena dianjurkan mengikuti wiridan sampai selesai (2) Nilai religius yang meningkat adalah shalat 5 waktu anak didik semakin tertib, ketika dirumah anak didik lebih rajin shalat berjamaah, anak didik semakin khusyu’ dalam shalat, anak didik semakin memiliki sopan santun dan anak didik semakin mengerti tentang keutamaan shalat berjamaah (3) tantangannya adalah ada yang datangnya terlambat, anak didik tidak semangat karena belum terbiasa dan kurangnya motivasi dari keluarga dan ada yang usil. Sedangkan upayanya adalah anak didik diberi hukuman bagi yang melanggar dan reward bagi yang tertib dan tidak pernah lupa untuk mengingatkan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Fery Diantoro
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan > Jurusan Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:09
Last Modified: 25 Nov 2021 02:09
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16844

Actions (login required)

View Item View Item