..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PERSEPSI MASYARAKAT KECAMATAN MOJOROTO TERHADAP BANK MUAMALAT KC KEDIRI

MUHAMMAD, HISYAMUDDIN (2021) ..(FILE KOSONG, UPLOAD ULANG)..PERSEPSI MASYARAKAT KECAMATAN MOJOROTO TERHADAP BANK MUAMALAT KC KEDIRI. Masters thesis, IAIN PONOROGO.

Full text not available from this repository.

Abstract

Salah satu yang membuat berkembangnya perbankan syariah yaitu dari mayoritas masyarakat Indonesia yang berperilaku islami, namun dari perkembangan tersebut tidak sedikit masyarakat yang masih kurang memahami tentang konsep perbankan syariah, bahkan ada beberapa muslim yang sudah menjadi nasabah perbankan syariah yang seharusnya paham justru malah sebaliknya, mereka memiliki pemahaman lain karena adanya faktor-faktor yang berbeda. Dari sini peneliti menemukan permasalahan yaitu kurangnya kesadaran untuk memahami perbankan syariah serta terdapat nasabah yang masih terfokus oleh Bank konvensional dibandingkan dengan perbankan syariah. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk mengkaji lebih lanjut mengenai Persepsi Masyarakat Kecamatan Mojoroto terhadap Bank Muamalat KC Kediri. Sehingga dapat dirumuskan masalah yaitu Bagaimana persepsi masyarakat kecamatan Mojoroto terhadap Bank Muamalat KC Kediri? dan Bagaimana faktor-faktor yang mempengaruhi persepsi masyarakat kecamatan Mojoroto terhadap Bank Muamalat KC Kediri?.
Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Adapun sumber data yang digunakan yaitu sumber data primer dari masyarakat di Kecamatan Mojoroto Kota Kediri. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian di lapangan menunjukkan kesimpulan bahwa persepsi masyarakat Kecamatan Mojoroto terhadap Bank Muamalat KC Kediri masih dalam kategori pemahaman yang rendah, hal ini dibuktikan dengan nasabah yang masih mengira bahwa sistem Bank Muamalat sama dengan Bank konvensional dan pemahaman masyarakat terhadap faktor ekonomi dikarenakan akan kebutuhan nasabah terkait dengan modal usaha, faktor sosial/lingkungan yang berhubungan dengan pemahaman nasabah yang didapat melalui interaksi antar kelompok dan faktor informasi yang berhubungan dengan kemampuan nasabah dalam mencari informasi terkait dengan Bank Muamalat KC Kediri, serta kurangnya sosialisasi yang diberikan oleh pihak Bank itu sendiri.

Item Type: Thesis (Masters)
Thesis Supervisor: MUCHTIM HUMAIDI
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Mr Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:08
Last Modified: 25 Nov 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16841

Actions (login required)

View Item View Item