Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun

Nurcahyanti, Intan (2021) Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
Intan Nurcahyanti 210817216(1).pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

ABSTRAK

Cahyanti, Intan Nur. Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kualitas produk Terhadap Kepuasan Nasabah Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun). Skripsi. 2021. Jurusan Perbankan Syariah, Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam, Institut Agama Islam Negeri Ponorogo, Pembimbing: Ajeng Wahyuni, M. Pd.
Kata Kunci: Kualitas Pelayanan, Bank Syariah, Kepuasan,
Kepuasan nasabah merupakan penelitian dari nasabah atas penggunanya barang atau jasa dibandingkan penggunanya. Kepuasan nasabah menjadi tolak ukur perusahaan bagaimana hal kedepannya atau bahkan ada beberapa hal yang harus dirubah karena pelanggan tidak puas atau dirugikan. Jika kualitas pelayanan dan kualitas produk yan diberikan sangat baik dan unggul atau berkualitas maka nasabah akan puas. Dengan tercapainya kualitas pelayanan dan kualitas produk perusahaan mampu memberikan kepuasan pada nasabah, tetapi faktanya nasabah merasa tidak puas dengan apa yang diberikan oleh pihak Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun. Hal ini bisa dilihat dari sikap dan perilaku nasabah yang di wawancara.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, pengambilan sampel menggunakan rumus slovin sehingga didapatkan sampel berjumlah 100 responden. Sedangkan teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah kuesioner dengan teknik sampling . Metode analisis data menggunakan uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda, uji R, dan uji hipotesis yang terdiri dari uji t dan uji F.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah dibuktikan dengan nilai sebesar 0,001<0,05 menunjukkan hipotesis alternatif (H1) yang diajukan diterima yang berarti kualitas pelayanan berpengaruh terhadap kepuasan nasabah.Dari tabel tersebut dapat dilihat nilai probabilitas tHitung variabel kualitas produk sebesar 0,000<0,05 menunjukkan hipotesis alternatif (H2) yang diajukan diterima yang berarti kualitas produk berpengaruh terhadap kepuasan nasabah. kualitas pelayanan, kualitas produk secara simultan berpengaruh secara signifikan terhadap kepuasan nasabah Di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun dibuktikan dengan nilai sebesar 0,000. Pengaruh Kualitas pelayanan dan Kualitas produk ditunjukkan oleh nilai R Square sebesar 0,251. Hal ini menunjukkan bahwa presentase pengaruh variabel independent (Kualitas pelayanan dan Kualitas produk) di Bank Syariah Indonesia Cabang Madiun terhadap kepuasan nasabah adalah sebesar 25,1% sedangkan sisanya sebesar 74,9% dipengaruhi oleh faktor – faktor yang lain.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Ajeng Wahyuni
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Perbankan Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:08
Last Modified: 25 Nov 2021 02:08
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item View Item