Strategi pemasaran fresco wedding dalam usaha jasa percetakan undangan pernikahan pada masa pandemi covid-19

Afida, Alfi Lutfia Al (2021) Strategi pemasaran fresco wedding dalam usaha jasa percetakan undangan pernikahan pada masa pandemi covid-19. Undergraduate (S1) thesis, IAIN Ponorogo.

[img]
Preview
Text
210717075_Alfi Lutfia Al Afida_Ekonomi Syariah_etheses.pdf

Download (615kB) | Preview

Abstract

ABSTRAK
Afida, Alfi Lutfia Al. Strategi Pemasaran Fresco Wedding Dalam Usaha Jasa Percetakan Undangan Pernikahan Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurusan Ekomomi Syariah Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Intitut Agama Islam Negeri Ponorogo. Dosen Pembimbing Iza Hanifuddin, Ph.D.
Kata kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran (Marketing Mix), Covid-19.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya pandemi covid-19 yang sedang dirasakan oleh seluruh penjuru dunia. Kemunculan wabah covid-19 mengakibatkan pelaku UMKM khususnya usaha jasa percetakan undangan pernikahan mengalami penurunan omset, keterlambatan bahan baku serta pembatalan orderan undangan. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengertahui strategi pemasaran menerapkan bauran pemasaran (marketing mix) pada fresco wedding dalam mempertahankan usaha pada masa pandemi covid-19. Rumusan masalah penelitian ini (1) Bagaiaman strategi yang dilakukan fresco wedding dalam menghadapi usaha pada masa pandemi, (2) Apa saja kendala yang diahadapi pada masa pandemi sehingga mampu bertahan pada masa pandemi, (3) Dampak strategi yang dilakukan fersco wedding terhadap peningkatan usaha jasa percetakan undangan.
Dalam penelitian ini penulis menggunkan metode pendekatan kulitatif. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dokumentasi dan pengalaman personal.
Dari hasil penelitian ini yaitu 1) strategi pemasaran yang dilakukan oleh fresco wedding dengan menggunakan bauran pemasaran 4P belum melakukan pemasaran secara efektif serta media promosinya memaksimalkan media sosial instagram. 2) kendala yang dihadapi pada masa pandemi yakni permasalahan permodalan, penurunan omset, banyaknya pembatalan order dan keterlambatan pembayaran. 3) pengembangan produk yang memberikan peluang besar dalam pengenalan produk kepada masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Thesis Supervisor: Iza Hanifuddin
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Jurusan Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Perpustakaan IAIN Ponorogo
Date Deposited: 25 Nov 2021 02:04
Last Modified: 25 Nov 2021 02:04
URI: http://etheses.iainponorogo.ac.id/id/eprint/16835

Actions (login required)

View Item View Item